Web Ekspor, Platform untuk Mendorong UMKM Naik Kelas

Rabu, 11 September 2024 – 20:18 WIB
Pelaku bisnis asal Surakarta dan pendiri Web Ekspor David Alfa Sunarna (kanan) bersama koleganya. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Digitalisasi dinilai sangat berperan untuk mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM )di Indonesia.

Pelaku bisnis asal Surakarta dan pendiri Web Ekspor David Alfa Sunarna mengatakan pihaknya melalui Web Ekspor menawarkan jasa pembuatan website dengan tujuan membantu UMKM meningkatkan profesionalitas dan memperluas jangkauan pasar mereka di tingkat global.

BACA JUGA: Lewat Kegiatan Ini, Bea Cukai Fasilitasi UMKM Bisa Pasarkan Produknya ke Pasar Global

David menungkapkan banyak UMKM di Indonesia memiliki potensi besar namun belum terkelola dengan baik karena minimnya citra profesional.

“Setelah kembali dari Amerika, saya melihat banyak teman-teman kita yang memiliki produk berkualitas, seperti beras Krayan dari Kalimantan, yang bahkan dikonsumsi oleh Sultan Brunei. Namun, ironisnya, beras sebaik itu justru kurang dikenal luas di dalam negeri apalagi di luar negeri, padahal sangat bisa menyasar market Eropa atau market yang menjadi tujuan ekspor beras Jepang sekarang,” ungkap David dikutip Kamis (11/9).

BACA JUGA: Kunjungi UMKM Olahan Mangga, Eman Suherman: Potensi Lejitkan Ekonomi Majalengka

Web Ekspor hadir dengan layanan pembuatan website yang terjangkau dan dirancang untuk membantu UMKM membangun identitas bisnis yang kuat sejak awal.

Namun, David menyebut biaya pembuatan website masih menjadi kendala bagi UMKM. Banyak pelaku usaha yang kesulitan mendapatkan layanan terpercaya karena harga yang tidak jelas dan sering kali terlalu mahal.

BACA JUGA: Ini Upaya Bea Cukai Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Lewat Pemberdayaan UMKM

"Dengan platform ini, kami ingin memastikan setiap UMKM dapat memiliki website profesional dengan biaya yang terjangkau,” kata David.

Selain pembuatan website, Web Ekspor juga menyediakan layanan branding, desain logo, dan pengelolaan media sosial, yang dirancang untuk mendukung UMKM agar lebih siap bersaing di pasar global.

Menurut David, masih banyak UMKM di Indonesia yang fokus pada pengembangan produk tanpa memperhatikan strategi pemasaran yang efektif.

Selain itu, Web Ekspor tidak hanya menyediakan jasa pembuatan website, tetapi juga membantu membangun identitas digital UMKM dengan layanan,seperti desain logo, pengelolaan media sosial, dan email bisnis profesional.

“Kami ingin memberikan solusi lengkap agar UMKM tampil lebih profesional, sehingga lebih mudah dikenal dan dipercaya, baik di dalam negeri maupun di pasar internasional,” jelas David.

Di sisi lain, edukasi digital juga sangat penting, terutama bagi pelaku UMKM yang belum familiar dengan teknologi.

“UMKM harus didorong untuk naik kelas, tidak hanya sebagai pelaku usaha kecil, tetapi menjadi perusahaan yang lebih besar dengan daya saing yang tinggi,” katanya.

Melalui visinya, David berharap Web Ekspor dapat menjadi jembatan bagi UMKM untuk bertransformasi dan bersaing di pasar global.

“Saya ingin melihat UMKM Indonesia berkembang menjadi perusahaan besar yang dapat diandalkan dan dikenal di seluruh dunia,” pungkas David. (mcr10/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler