WIR Group dan Thales Berkolaborasi Demi Tingkatkan Pelayanan Bandara

Jumat, 18 Oktober 2024 – 21:24 WIB
Perusahaan teknologi imersif dan web3, WIR Group resmi mengumumkan kerja sama strategis dengan Thales, perusahaan terkemuka di dunia dalam bidang sistem kontrol dan manajemen bandara. Foto: Dok. WIR Group

jpnn.com, JAKARTA - Perusahaan teknologi imersif dan web3, WIR Group resmi menjalin kerja sama strategis dengan Thales, perusahaan terkemuka di dunia dalam bidang sistem kontrol dan manajemen bandara.

Melalui penandatanganan Letter of Intent di Bali International Airshow 2024 baru-baru ini, kedua pihak menyatakan minat untuk menjajaki potensi kemitraan bisnis terkait operasional terminal bandara, termasuk manajemen arus penumpang di sektor kebandarudaraan Indonesia.

BACA JUGA: Penyelundupan Narkotika di Bandara Soetta Digagalkan Bea Cukai, Begini Modus Pelaku

Kedua pihak akan menggabungkan keahlian, teknologi, dan sumber daya untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengelola arus penumpang, dan meningkatkan keselamatan di bandara-bandara di Indonesia.

Dalam jangka panjang, WIR Group dan Thales juga menjajaki peluang lebih lanjut untuk kolaborasi serupa dalam penyediaan, pemasangan, dan pemeliharaan sistem kontrol dan manajemen bandara di bandara-bandara lain di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Imigrasi Bandara Soetta Tindak 4 WNA Nigeria yang Terjaring Operasi Jagratara

Tujuan kerja sama tersebut diharapkan dapat mendorong pertumbuhan sektor penerbangan nasional.

Integrasi teknologi canggih dalam operasi bandara telah merevolusi pengalaman perjalanan dengan meningkatkan efisiensi dan kepuasan penumpang.

BACA JUGA: Turis Australia Mengaku Data Mereka Bocor di Bandara Bali Akibat Gangguan Visa Elektronik

Tren untuk menggabungkan teknologi mutakhir, seperti identifikasi biometrik, kios dan otomatisasi layanan mandiri, perangkat dan sensor Internet of Things (IoT), serta integrasi robotika dan kecerdasan buatan, semakin marak ditemukan bahkan di bandar udara pengumpul dengan skala pelayanan tersier.

Stephen Budiman Ng, CEO WIR Group, mengatakan kolaborasi tersebut menandakan langkah penting dalam memajukan infrastruktur penerbangan Indonesia.

"Dengan memanfaatkan teknologi imersif WIR Group dan sistem kontrol dan manajemen bandara dari Thales, kami tidak hanya bertujuan untuk memodernisasi bandara-bandara di Indonesia, namun juga untuk menetapkan standar baru bagi operasional bandara di seluruh nusantara," ungkap Stephen Budiman dalam keterangan resmi.

Perwakilan Thales menyatakan pihaknya sangat senang dapat bermitra dengan WIR Group untuk meningkatkan efisiensi bandara dan pengalaman penumpang di Indonesia.

"Keahlian kami dalam sistem kontrol dan manajemen, dikombinasikan dengan solusi digital inovatif dari WIR, menempatkan kami pada posisi untuk menciptakan terminal bandara yang siap untuk masa depan dan akan menjadi tolok ukur di kawasan ini," sambungnya.

Kemitraan WIR Group dan Thales mencerminkan komitmen kedua belah pihak untuk menghadirkan teknologi terbaik ke bandara-bandara di Indonesia, membuka jalan bagi perjalanan udara yang lebih cerdas, lebih efisien, dan lebih aman di masa depan. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler