Imigrasi Bandara Soetta Tindak 4 WNA Nigeria yang Terjaring Operasi Jagratara

Selasa, 15 Oktober 2024 – 17:48 WIB
Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta melakukan Operasi Jagratara. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta telah menggelar operasi gabungan Jagratara tahap III pada 8 Oktober 2024 yang lalu.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Subki Miuldi mengatakan operasi itu melibatkan TNI, Polri, dan perangkat pemerintah serta menyasar lokasi strategis di daerah Cengkareng dan Kalideres.

BACA JUGA: 12 WN Nigeria Dicokok Kantor Imigrasi Jakarta Utara saat Operasi Jagratara III

Total ada 13 warga negara asing (WNA) yang diperiksa oleh petugas selama kegiatan operasi.

“Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, bahwa paspor dan izin tinggal WNA itu telah sesuai dengan peruntukannya,” kata Subki dalam siaran persnya Selasa (15/10).

BACA JUGA: Kantor Imigrasi Bekasi Sosialisasikan Golden Visa Untuk Gaet Top Investor

Subki menilai hal itu merupakan hasil positif dari upaya bersama untuk menegakkan hukum dan memastikan semua WNA patuh terhadap aturan yang berlaku.

“Operasi Jagratara Tahap III ini merupakan langkah preventif untuk menjaga keamanan dan merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA: Kemenkumham Babel Luncurkan Gerai Imigrasi-Corner di Bangka

Pada Operasi Jagratara I dan II sebelumnya, terdapat empat warga negara Nigeria yang kini telah dinaikkan ke ranah penyidikan.

“Mereka diduga melakukan pelanggaran Tindak Pidana Keimigrasian dengan tidak dapat menunjukkan paspor kepada petugas, sebagaimana yang diatur dalam Pasal 116 jo Pasal 71 huruf b,” ujar Subki.

Menurut Subki, pada periode Januari – Oktober 2024, Imigrasi Soekarno-Hatta telah melakukan tindakan adminstratif keimigrasian terhadap 216 WNA.

“Langkah ini kami ambil sebagai langkah tegas dan konsisten dalam penegakan hukum terhadap pelanggaran imigrasi serta menunjukkan komitmen pemerintah untuk menjaga integritas sistem imigrasi di tanah air,” ujar dia. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Imigrasi Bekasi Gelar Operasi Jagratara Untuk Awasi Orang Asing


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler