Wiryanti Sukamdani PDIP Gelar Festival Kuliner Bukan Beras & Gandum di Semarang

Minggu, 02 Oktober 2022 – 10:21 WIB
Politikus PDI Perjuangan Wiryanti Sukamdani menginisiasi digelarnya Festival Kreasi Kuliner Non-Beras dan Gandum. Foto: source for JPNN

jpnn.com - SEMARANG - Pelaku bisnis perhotelan sekaligus politikus PDIP Wiryanti Sukamdani menginisiasi digelarnya Festival Kreasi Kuliner Non-Beras dan Gandum, pada rangkaian acara Batik Specta di Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (1/10).

Wiryanti menjelaskan, festival ini membawa semangat untuk mengurangi ketergantungan pada komoditas besar pangan dunia (beras dan gandum) sekaligus menjaga dan memastikan ketahanan pangan negara.

BACA JUGA: Wiryanti Sukamdani: AIPA Harus Sentuh Kepentingan Masyarakat

“Pemanfaatan berbagai macam makanan dari bahan-bahan yang ada di Indonesia akan mengurangi ketergantungan pada gandum yang merupakan bahan pangan impor. Cara ini akan memastikan kedaulatan pangan Indonesia, menghidupi rakyat dengan berbagai macam bahan makanan yang memang tumbuh sumbur di negeri kita," ujar Wiryanti.

Festival ini diikuti 28 hotel di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

BACA JUGA: Beri Kuliah Umum, Hasto Dorong Mahasiswa Aceh Kembangkan Sabang dan Kuliner Lokal


Foto: source for JPNN

Wiryanti mengatakan hotel dipilih sebagai peserta karena sajian kulinernya kerap kali menjadi trend setter di dunia wisata kuliner.

BACA JUGA: Puan: PDIP Siap Punya Capres Sendiri

"Bayangkan, hotel memasak masakan berbahan singkong atau sukun, tetapi disajikan dengan kreatif dan lezat. Masyarakat tentu tak akan memandang sebelah mata bahan makanan asal Indonesia," katanya.

Dalam festival tersebut, para peserta ditantang untuk berkreasi dengan berbagai makanan pendamping beras seperti umbi-umbian, singkong, jagung, sorgum, pisang, sukun, talas, dan sagu.

Meski tanpa beras dan gandum yang menjadi dua bahan pangan utama yang mendominasi kreasi kuliner saat ini, kreasi sajian yang dihadirkan seluruh peserta bisa menggugah selera.

Terpilih sebagai juara pertama dalam festival ini adalah hotel Java Heritage Semarang.

Hotel Wimarion Semarang sebagai peringkat kedua, dan Hotel Sahid Yogyakarta sebagai peringkat ketiga.

Untuk Harapan 1, diraih Hotel Novotel Semarang, kemudian Harapan 2 diraih Gets Hotel Semarang dan Hotel Pringsewu Semarang sebagai Harapan ketiga.


Foto: source for JPNN

Jajaran Dewan Juri dalam festival ini diketuai oleh Chef Handry Sumanto dari Indonesian Chef Association dan anggota dewan juri diisi oleh Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Rahayu Setiowati dan beberapa chef dan ahli gizi lainnya. (*/adk/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler