Wisatawan Wajib Tahu, Ini Tujuh Etika Saat Liburan ke Pemandian Air Panas  

Rabu, 22 Februari 2023 – 20:39 WIB
Ilustrasi pemandian air panas. Foto: dok. Traveloka

jpnn.com, SUBANG - Musim hujan seperti saat ini bisa menjadi waktu yang tepat bagi anda untuk mengunjungi sumber air panas alami saat liburan.

Ini bisa menjadi salah satu pengalaman liburan menyenangkan yang memberikan kedamaian dan ketenangan.

BACA JUGA: Pemandian Air Panas Diserbu Warga

Salah satu destinasi wisata paling populer di Jawa Barat adalah Ciater. Kegiatan berendam di pemandian air panas di Ciater tentunya menawarkan pengalaman unik tersendiri untuk semua kalangan, dari anak kecil hingga dewasa.

Air panas tersebut berasal dari gunung berapi aktif Tangkuban Perahu, sekitar 9,4 kilometer dari Ciater.

BACA JUGA: Tempat Wisata Baru di Kota Batu Ini Cocok untuk Berlibur Bareng Keluarga

Banyaknya pilihan Hotel di Ciater membuat destinasi pemandian air panas selalu konsisten dalam mendatangkan banyak pengunjung, apalagi ketika musim libur tiba.

Bila Anda berencana untuk mendapatkan pengalaman pemandian air panas di Ciater dengan keluarga atau teman-teman, pastikan Anda memanfaatkan promo EPIC Salebrat11on untuk memesan hotel terbaik dengan jauh lebih hemat.

BACA JUGA: 3 Rekomendasi Wisata di Swiss, Seru Banget!

Tidak sabar untuk kunjungan Anda ke pemandian air panas Ciater? Agar pengalaman tetap menyenangkan bagi semua orang, penting untuk mengetahui cara bersikap selama Anda di sana.

Simak beberapa etika penting yang Anda harus ingat ketika Anda berkunjung ke pemandian air panas Ciater.

1. Bersihkan Tubuh Anda Sebelum Berendam

Terdapat area mandi untuk pengunjung membasuh dan membersihkan diri. Usahakan untuk tidak memasuki kolam pemandian dengan sabun, kotoran, atau keringat di tubuh Anda.

Manfaatkan momen ini sebagai kesempatan untuk menggosok diri secara menyeluruh dan menganggapnya sebagai persiapan untuk perawatan kulit seluruh tubuh. Lalu, seka tubuh Anda sebelum meninggalkan area mandi

2. Jangan Berisik

Tidak pernah menyenangkan menghabiskan hari Anda di pemandian air panas yang dirusak oleh kelompok yang gaduh dan bukan ide yang baik jika Anda malah menjadi sumber kegaduhan. 

Banyak orang mengunjungi pemandian air panas sebagai cara untuk mengurangi stres dan bersantai.

Hargai pengunjung lain ini dengan meredam kebisingan, jangan memutar musik di ponsel atau speaker portable Anda, dan waspadai orang-orang di sekitar Anda.

Meskipun tidak apa-apa dan sepenuhnya masuk akal untuk mengobrol dan bersosialisasi dengan teman atau pengunjung lain di pemandian air panas, tetapi pastikan sikap Anda tidak mengganggu kenyamanan pengunjung lain.

3. Bersikap Ramah

Mungkin Anda yang pertama ke sana, tetapi bukan berarti Anda pemilik pemandian air panasnya.

Setiap orang berhak untuk berada di sana – baik penduduk setempat maupun wisatawan. Bersikaplah ramah dan bersedia berbagi ruang dengan dengan orang lain.

4. Tidak Meninggalkan Jejak di Pemandian Air Panas

Pastikan Anda tidak meninggalkan sampah, makanan, minuman, dan barang-barang. Pemandian air panas adalah tempat umum, jadi sebaiknya Anda membantu untuk mempertahankan keindahan dan kebersihan untuk kebaikan bersama selama di sana.

5. Jangan mandi atau menggunakan sabun di sumber air panas

Pemandian air panas biasanya tidak memiliki saluran pembuangan, jadi apa yang berakhir di sana, tetap di sana. Menggunakan sabun dapat mengganggu keseimbangan mineral di dalam air.

Tentunya, jangan buang air kecil di pemandian air panas! Pastikan Anda pergi ke toilet sebelum ataupun ketika Anda merasa butuh. Hal ini untuk kebaikan bersama.

6. Perhatikan Cara Anda Mengambil Foto di Sekitar Area

Kecuali Anda satu-satunya orang di sana, bukanlah etika pemandian air panas yang baik untuk mengambil kamera Anda dan mulai mengambil banyak foto.

Ini juga termasuk drone terbang di atas kepala. Orang lain mungkin merasa tidak nyaman mereka menjadi latar selfie Anda saat mengenakan pakaian renang.

Meskipun itu bukan pelanggaran terburuk, tetapi rasanya tidak sopan. Tentu saja, Anda memiliki hak untuk mengambil beberapa foto, tetapi simpan alat foto lengkap Anda untuk setelah pengunjung lainnya pulang. 

7. Jangan berendam terlalu lama

Waktu terbaik untuk selesai berendam  adalah saat dahi dan ujung hidung Anda mulai berkeringat. Anda tidak boleh tinggal terlalu lama sehingga akhirnya meneteskan keringat dengan jantung berdebar kencang.

Jika kulit Anda sensitif dan mudah teriritasi, harap bilas diri Anda dengan air bersih.

Tubuh Anda akan kehilangan air melalui keringat, maka pastikan meminum banyak air setelah berendam dan istirahat yang cukup. 

Banyak energi tubuh Anda akan habis saat berendam. Tekanan darah Anda juga akan berubah, jadi penting untuk beristirahat setidaknya selama 30 menit, hingga tubuh kembali stabil.

Tidak ada yang lebih menenangkan daripada berendam di sumber air panas alami dengan pegunungan biru sebagai latar belakang dan pepohonan hijau di sekitarnya. Ini adalah surga yang tak ternilai harganya.

Jika itu yang Anda cari, maka pemandian air panas Ciater adalah tempat yang tepat.

Seperti banyak tempat wisata alam, pemandian air panas semakin ramai dan ada beberapa hal yang perlu diingat saat Anda berada di sana. Setelah Anda selesai menikmati pemandian air panas, saatnya Anda kembali ke hotel pilihan Anda.

Pastikan Anda menggunakan promo EPIC Salebrat11on s.d. 80% yang tidak hanya bisa Anda gunakan untuk Traveloka Hotel, tetapi juga vila, resor dan apartemen!

Rayakan keseruan menginap dengan harga terbaik dengan promo #EPICSalebrat11on yang berlangsung dari 24 Februari - 3 Maret 2023 hanya di aplikasi Traveloka. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler