Wondama Siap Gelar Gowes Pesona Nusantara

Kamis, 08 Juni 2017 – 18:53 WIB
Rully Nere (depan) mengikuti Gowes Pesona Nusantara. Foto: Istimewa For JPNN

jpnn.com, PAPUA - Perhelatan Gowes Pesona Nusantara di Indonesia bagian Timur kini hadir menyambangi Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat.

Wondama merupakan daerah yang baru berumur empat tahun melalui pemekaran Kabupaten Manokwari berdasarkan UU Nomor 26 Tahun 2002.

BACA JUGA: Papua Bakal Digelontor Bawang Putih asal Tiongkok

Wondama itu sendiri merupakan kota Peradaban Papua. Sebab, di daerah ini berdiri sekolah pertama di Papua yang didirikan oleh Pengkabaran Injil asal Jerman pada 1925.

Daerah yang berluas kurang dari 15 ribu km itu dengan penduduk sekitar 25 ribu jiwa tersebut antusias menyambut perhelatan ini meski hanya memiliki satu jalan protokol.

BACA JUGA: Ledakan di Fatmawati: 5 Kios dan Satu Rumah Hangus

Hal tersebut diungkapkan oleh I Nyoman Winata selaku Kabid Pembinaan Olahraga Massal dan kesehatan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Perhelatan yang menyita perhatian warga setempat ini akan berlangsung di Alun-Alun Wasior pada Sabtu (10/6).

BACA JUGA: Chelsea Islan Ingin Ajarkan Bahasa Inggris ke Bocah Papua

Rutenya menuju tanah peradaban dan kembali ke alun-alun. Rully Nere, legenda hidup sepak bola nasional asal Papua juga turut memeriahkan acara tersebut.

"Gowes Pesona Nusantara di bagian timur Indonesia kini sudah sampai di Kabupaten Teluk Wondama. Meski di wilayah ini penduduknya tak banyak, namun tak mengurangi animo warga setempat untuk menyemarakkan acara ini. Yang terpenting adalah kampanye kita mengajak masyarakat untuk berolahraga tercapai," tutur I Nyoman Winata.

Seperti biasa, bagian terpenting dari perhelatan Gowes Pesona Nusantara ini selain berolahraga adalah terus mempertebal rasa nasionalisme terhadap NKRI dan rasa cinta terhadap tanah air.

Untuk itu, Nyoman mengatakan bahwa penyatuan tanah dan air asli Wondama nantinya akan dilakukan langsung di Tanah Peradaban.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati Wondama Bernadus Imburi dan Wakil Bupati Bapak Paul Indubri yang sangat mendukung kegiatan ini. Skenarionya, tanah dan air asli Wondama itu akan diberikan ke pengurus gereja setempat, kemudian diserahkan kepada bupati yang kemudian diterima oleh pihak Kemenpora untuk disatukan dengan dari daerah lainnya dan akan dijadikan Monumen Tanah Air di Jawa Tengah," terang Nyoman.

Dia menambahkan, hadiah fantastis disediakan oleh panitia lokal untuk para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

"Panitia menyediakan door prize seperti halnya sepeda motor dan lainnya untuk warga setempat yang ikut berpartisipasi," imbuh Nyoman.

Nyoman menyebut keindahan alam Wondama tak kalah bagusnya terhadap keindahan di alam Papua lainnya.

"Wisata bahari di Wondama tak kalah bagus seperti di lokasi lainnya yang ada di Papua, seperti halnya di pulau Auto. Jadi program Ayo Olahraga melalui Gowes Pesona Nusantara ini kamj tak hanya bicara soal olahraga, namun coba untuk lebih memperkenalkan pariwisata di daerah-daerah yang disambangi oleh Gowes Pesona Nusantara," pungkas Nyoman.

Rully Nere menyambut positif kampanye Kemenpora dengan tagline Ayo Olahraga melalui Gowes Pesona Nusantara ini.

Menurutnya melalui berolahraga, selain jasmani sehat akan membuat bangsa ini juga semakin kuat, solid dalam NKRI. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gara-Gara Ingin Beli Telur, ASN di Asmat Kena Luka Bacok di Punggung dan Kepala


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler