Wonderful Indonesia, Komodo Mejeng di Google Doodle

Senin, 06 Maret 2017 – 16:56 WIB
Komodo di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Foto: Kemenpar

jpnn.com - jpnn.com - Komodo yang kini menjadi salah satu ikon pariwisata Indonesia menghiasi halaman utama situs pencarian Google. Ada Google Doodle yang hari ini (6/3) memajang hewan purba khas Nusa Tenggara Timur itu.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi & industri Pariwisata Kemenpar Dadang Rizki Ratman mengatakan, komodo merupakan binatang purba yang di habitat aslinya hanya bisa ditemui di sekitar Labuan Bajo, NTT. Saat ini, Kabuan Bajo merupakan satu dari 10 destinasi wisaya prioritas.

BACA JUGA: Juara Tour de Bintan Happy, Menpar Makin Percaya Diri

“Hari ini adalah ulang tahun Taman Nasional Komodo. Usianya ke-37. Ini adalah kado luar biasa yang dipersembahkan perusahaan raksasa sekelas Google untuk Taman Nasional Komodo,” ujarnya.

Doodle unik berupa gambar komodo dipampang di bawah tulisan Google. Saat diklik, sebuah animasi akan mengantarkan ke permulaan kuis.

BACA JUGA: Tour de Bintan Usai, Semua Merasa Happy

Pengguna Google juga diajak untuk menelusuri informasi lebih jauh mengenai komodo. Mulai soal berapa cepat komodo bisa berlari hingga beratnya.

BACA JUGA: Batam Incar Turis Jiran dengan Festival Internasional

Tampilan Google Doodle yang memajang komodo, Senin (6/3). Foto: Screenshot Google

Skor pengguna akan ditampilkan usai pertanyaan terakhir. Dan di bagian akhir, Google mengajak pengguna untuk menelusuri semua informasi terkait Komodo. Seluruh netizen akan dibawa ke laman hasil Google search berisi jawaban dari pertanyaan terkait.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun ikut merasa surprised saat menyaksikan ikon komodo Labuan Bajo muncul di Google Doodle hari ini. Ibarat produk, Labuan Bajo sebagai destinasi wisata langsung naik daun.

Di antara banyaknya pilihan ribuan destinasi wisata alam dan bahari di dunia, ternyata Google justru mengangkat komodo. "Terima kasih Google. Komodo dan Labuan Bajo makin mendunia!" ujar Arief.

Pamor dan popularitas komodo langsung menanjak tajam lantaran di-endorse oleh perusahaan internet nomor satu dunia. Google merupakan pemimpin dunia dalam pencarian, iklan kontekstual, dan penawaran online lainnya.

Daya jangkaunya hampir seluruh negara di dunia, terkecuali Tiongkok yang menggunakan Baidu sebagai mesin pencarian bagi warganya. “Ini menjadi promosi yang luar biasa efektif," kata menteri asal Banyuwangi itu.

Di sisi lain, lanjut Arief, Google juga ikut terdongkrak oleh popularitas Komodo Labuan Bajo yang hampir setiap hari juga tampil di media. "Jadi kita sama-sama beruntung, karena itu menjadi kolaborasi yang menarik," papar menteri yang juga kampiun digital itu.

Kebetulan, komodo adalah satu-satunya dinosaurus yang masih hidup di muka bumi. Dan sekitar Labuan Bajo sebagai habitat hidup komodo juga pernah ditetapkan sebagai tempat wisata bahari dan sebagai snorkel site kedua
terbaik di dunia oleh CNN Travel. Nomor satunya Raja Ampat Papua dan nomor tiganya Kepulauan Galapagos di Amerika Selatan.

Belum lama ini, salah seorang jagoan MotoGP, Valentino Rossi  jugapernah memposting keseruan liburannya bersama Komodo di Labuan Bajo. Dia bahkan berbagi kebahagian liburannya dengan 4,8 juta fans di media sosial.(jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mantap, Inilah Imbas Positif Tour de Bintan 2017


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler