Tour de Bintan Usai, Semua Merasa Happy

Minggu, 05 Maret 2017 – 17:51 WIB
Suguhan Tarian Tandak Lemang memulai Tour de Bintan 2017. Foto: Amjad/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Even sport tourism Tour de Bintan 2017 di Pulau Bintan benar-benar membawa banyak berkah bagi kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau itu. Hotel-hotel di pulau yang sangat dekat dengan Singapura itu panen tamu.

Yang tak kalah pentingnya, Tour de Bintan masuk dalam kalender balap sepeda dunia kategori Grand Fondo
World Series 2017. "Nyaris tidak ada kamar kosong, dan semua hotel dinyatakan fully booked. Itu pertanda event ini sukses besar," kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Minggu (5/3).

BACA JUGA: Batam Incar Turis Jiran dengan Festival Internasional

Ucapan menteri asal Banyuwangi itu memang tak mengada-ada. Bintan benar-benar sangat ramai pada 3-5 Maret 2017 lantaran penuh turis. Bayangkan, 1.153 pembalap 42 negara datang ke kawasan yang berseberangan dengan Singapura itu.

Angka itu belum termasuk tenaga medis, mekanik dan tenaga logistik yang biasa dibawa peserta lomba balap
sepeda. Bila dikalikan tiga, angkanya sudah jauh melampaui jumlah anggota rombongan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia yang mencapai 1.500 orang.
anggota delegasi Raja Salman ke Indonesia.

BACA JUGA: Mantap, Inilah Imbas Positif Tour de Bintan 2017

"Commercial dan social value juga sukses. Industri hotel panen raya," kata Arief.

Denyut nadi perekonomian Bintan langsung berdetak sangat kencang. Industri hotel langsung merasakan manisnya Tour de Bintan 2017.

BACA JUGA: Indah, Raja Salman dan Pastor Ngobrol Pakai Bahasa Arab

Tengok saja ketersediaan kamar Swiss-Bell Hotel di Lagoi
Bay. Saat even berlangsung, tidak ada lagi ruang yang bisa disewa untuk bermalam di sana.

Nirwana Resort Hotel yang bertarif Rp 3 juta-an per malam juga tidak bisa menerima tamu lagi. Begitu pula dengan Sanchaya Bintan yang menyediakan private beach.

Semua dibuat sibuk oleh permintaan mendadak para tamu mancanegara yang datang ke Bintan. “Estimasi saya,
nilai langsung (dari Tour de Bintan 2017, red) Rp 30 miliar, repeater value Rp 16 miliar, dan media value Rp 20 miliar. Jadi, total value Rp 65 miliar. Jangan lupa, even ini juga diliput media nasional dan internasional,” kata Arief yang juga pernah memimpin Telkom Indonesia.

Pernyataan Arief terkonfirmasi dengan pengakuan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) BintanTrizno Tarmoezi. Menurutnya, bintan benar-benar panen turis.

Total 1.600 kamar yang tersedia di Lagoi Bay fully booked. Bahkan ratusan kamar lain yang tersebar di seluruh Bintan juga ikut habis disewa.

“Ini berkah bagi hotel. Ada 1.600 kamar hotel di Lagoi Bai, dan semua terisi. Sekitar 700 kamar lain yang tersebar di sekujur Bintan juga habis disewa," tuturnya.

Ucapan yang sangat masuk akal mengingat hampir 90 persen peserta berasal dari luar negeri. “Kita asumsikan saja masing-masing peserta bawa tiga orang. Artinya 1.153 dikalikan tiga. Jadi, ada 3.459 wisatawan asing yang datang selama Tour de Bintan,” kata Tarmoezi.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Luki Zaiman Prawira menimpali, even sport tourism itu menghasilkan efek domino yang sangat menguntungkan daerahnya. Apalagi Tour de Bintan 2017 sudah diakui Unite Cycliste Internationale (UCI).

Federasi olahraga sepeda dunia itu menjadikan Tour de Bintan 2017 sebagai kualifikasi balap sepeda bergengsi
Gran Fondo untuk World Series di Prancis, Agustus mendatang. “Ini memberi keuntungan ke banyak pihak. Masyarakat juga bisa merasakan dampak langsungnya karena pembalap yang datang rata-rata mengeluarkan
USD 1000. Itu belum termasuk keluarga, mekanik, dan tim pelatihnya,” terang Luki.

Di sisi lain, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Vinsensius Jemadu merasa cukup terbantu dengan lonjakan-lonjakan wisatawan seperti itu. Kepulauan Riau yang memiliki target untuk mendatangkan sampai 3 juta wisman dalam setahun akan terbantu dengan penyelenggaraan semacam Tour de Bintan.

“Selain dampak ekonomi, cycling club jadi menjamur di Bintan. Di akhir pekan, banyak klub sepeda di Bintan yang mengundang tamu dari Singapura dan Malaysia. Muncul lagi bisnis baru. Ada rental sepeda, dan ini menguntungkan,” terang anak buah Arief Yahya di Kemenpar yang akrab disapa dengan panggilan VJ itu.

Yang membuat VJ happy, kegiatan ini bukan hanya diliput wartawan lokal. Ada juga UCI internasional yang ikut mengover acara itu. Biasanya, even yang dikover UCI akan dikenalkan ke seluruh dunia.

Minimal Tour de Bintan diketahui oleh para anggota UCI karena sudah masuk kalender dan kualifikasi Gran Fondo World Series. " Kami berharap Tour de Bintan menjadi bagian dari pendongkrak kedatangan wisman ke Bintan khususnya, dan Kepri pada umumnya," tegas pria asal NTT tersebut. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Alangkah Lezatnya Gonggong, Congkel Lalu Santap...


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler