Wong Kito Ganjar Bangkitkan Eksistensi Pempek Sebagai Kuliner Tradisional

Kamis, 24 Agustus 2023 – 17:21 WIB
Pelatihan pembuatan pempek yang diadakan Wong Kito Dewe di Palembang. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, PALEMBANG - Sukarelawan Ganjar Pranowo yang berjejaring dalam Wong Kito Dewe berusaha menjaga eksistensi kuliner tradisional yang menjadi ciri khas Palembang, yakni tradisional.

Kali ini, mereka merangkul kalangan milenial untuk membuat kuliner yang berbahan dasar tepung sagu dan ikan itu.

BACA JUGA: Crivisaya Ganjar Ajak Warga Palembang Hidup Sehat dengan Main Voli Bareng

Koordinator Wilayah Wong Kito Dewe Palembang Indra kasumah mengatakan kegiatan berbasis pelatihan itu digelar di Kelurahan Kuto Batu, Kecamatan Ilir Timur II, Kota Palembang.

Para milenial diajarkan bagaimana membuat pempek dari olahan sagu dan ikan gabus.

BACA JUGA: Survei SMRC: Tren Elektabilitas Ganjar Terus Menguat, Prabowo Cenderung Merosot

"Kemarin sudah melakukan kegiatan pembuatan pempek tetapi untuk kalangan ibu-ibu. Kali ini kami juga harus memperkenalkan pembuatan pempek untuk kalangan milenial, jadi yang bagaimana kami harus melestarikan pempek ini untuk anak cucu kami nanti," ujar dia dalam siaran persnya, Kamis (24/8).

Selain enak dan banyak varian, pempek memiliki sejarah panjang bagi masyarakat Sumatera Selatan.

BACA JUGA: Jika Duet Ganjar-Anies Terjadi, Demokrat - PKS Akan Merasa Dikhianati

Awalnya, pempek dibuat menggunakan ikan belida. Namun seiring langkanya populasi ikan itu, kini pempek dibuat menggunakan ikan tenggiri maupun gabus.

Pempek sendiri menjadi satu-satunya kuliner asia tenggara yang dinobatkan sebagai 10 makanan olahan laut terenak keempat di dunia versi Taste Atlas per Februari 2023.

Maka, lanjut Indra, pempek perlu dilestarikan dengan mengetahui filosofi hingga proses pembuatan lengkap dengan cuko atau cukanya.

Dia berharap kalangan milenial mampu melebarkan pangsa pasar kuliner-kuliner tradisional seperti pempek sampai ke mancanegara baik secara daring maupun luar jaringan (luring).

"Jadi, pesan saya untuk kaum-kaum milenial semoga dengan adanya kegiatan ini kaum milenial dapat melestarikan makanan kuliner khas Palembang dan juga dapat mengembangkan memperkenalkan ke nasional maupun internasional," pungkas dia.

Salah satu peserta, Hidayatun Iklas (19) mengaku kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kaum milenial. Malahan, dia tertarik untuk membuka usaha kuliner tradisional tersebut.

"Menurut aku bermanfaat sekali karena kan kita sebagai perempuan. Ada keinginan karena untuk mengembangkan juga mengkreasikan pempek nya itu bermacam-macam lebih ke kaya membuat kreasi yang baru," ujar Hidayatun.

Pelatihan pembuatan pempek ini bukan kali pertama digelar oleh Wong Kito Dewe. Sebelumnya, simpatisan Ganjar Pranowo itu juga melakukan hal yang sama dengan menggaet kaum ibu di Kota Palembang beberapa waktu lalu. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ganjar – Anies Berdampak Besar, Hanya 4 King Maker Bisa Atasi 3 Ganjalan Terjal


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler