Wow! ADB Siap Cawe-Cawe untuk Pembangunan IKN Nusantara

Sabtu, 19 Maret 2022 – 06:11 WIB
ADB menyatakan komitmennya membantu Indonesia dalam merencanakan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Foto: Humas Kementerian PUPR

jpnn.com, JAKARTA - Asian Development Bank (ADB) atau Bank Pembangunan Asia menyatakan komitmennya membantu Indonesia dalam merencanakan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Wakil Presiden ADB Ahmed M. Saeed menyebut pihaknya mendukung pemindahan ibu kota demi mewujudkan kota yang inklusif dan netral karbon.

BACA JUGA: SoftBank Batal Mendanai Pembangunan IKN, Bambang Minta Hal ini ke Masyarakat

“ADB siap membantu untuk merencanakan relokasi bersejarah ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Nusantara,” kata Ahmed di Jakarta, Jumat.

Menurutnya, ADB akan membantu Otorita IKN Nusantara dalam merancang, mengkaji potensi dampak lingkungan dan sosial, serta menggalang pembiayaan dari sumber pemerintah dan sektor swasta.

BACA JUGA: Jenderal (Purn) Moeldoko: Pemindahan IKN Sudah Final

ADB akan menyelenggarakan konferensi internasional untuk mempelajari negara-negara lain dalam melaksanakan pembangunan kota yang netral karbon dan inklusif.

Hal itu, menjadi langkah pertama yang akan segera direalisasikan.

Menurut Saeed, membangun IKN Nusantara membuka peluang yang unik untuk menerapkan kajian dan pengalaman terkini mengenai aspek-aspek yang dapat membuat kota menjadi menyenangkan.

Namun, di sisi lain tetap efisien untuk bekerja, tempat tinggal, dan rekreasi.

“ADB akan membagikan pembelajaran internasional yang kami miliki untuk mendukung Otorita IKN Nusantara dalam mendesain dan mendanai pembangunan ibu kota baru,” ujarnya.

Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono menyambut baik dukungan ADB.

Dia menilai ADB memiliki banyak pengalaman dan ilmu dalam menciptakan kota yang inklusif dan netral karbon.

“Kami berterima kasih atas dukungan ADB, dan hal ini sejalan dengan upaya kami memulai pembangunan Nusantara,” kata Susantono. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler