Wow, Bandeng 9 Kilogram, Kantongi Rp 20 Juta

Senin, 26 Juni 2017 – 05:11 WIB
Wow, Bandeng 9 Kilogram, Kantongi Rp 20 Juta. Foto Radar Gresik/JPNN.com

jpnn.com, GRESIK - Kontes lelang bandeng menyambut Idul Fitri dimenangkan warga Mengare, Kecamatan Bungah.

Bandeng seberat 9 Kg milik H. Ali Huda, 57, petambak Desa Tanjungwidoro, Kecamatan Bungah, menang lelang.

BACA JUGA: Permen Boneka Karya Novita, Omzetnya? Lumayan

=======================
FA Rofik - Radar Gresik
=======================

Kebahagiaan menyelimuti wajah Ahi Huda, setelah bandeng yang dia budidayakan berhasil menyabet juara 1 dalam kontes bandeng.

BACA JUGA: HEBAT! Berkat Darah Sang Ayah, Ali Abedin Kini jadi Idola...

Wow, Bandeng 9 Kilogram, Kantongi Rp 20 Juta. Foto Radar Gresik/JPNN.com

Kontes ini diadakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik merupakan tradisi tahunan kota pudak di penghujung ramadan Dari kemenangannya tersebut, dia mendapat hadiah dihadiahi uang senilai Rp 20 juta.

BACA JUGA: Beginilah Sekelumit Aktivitas Obama Berlibur di Bali

Hadiah tersebut diserahkan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto didampingi Wakil Bupati Moh Qosim.

H Ali Huda menuturkan, bandeng peliharaannya tersebut menjadi juara I karena beratnya mencapai 9 Kg.

Maka tak heran jika bandeng seberat itu mampu menjadi juara I. Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono mengatakan, Pemkab Gresik sudah menetapkan beberapa kriteria khusus bagi petambak bandeng yang ikut kontes.

Aturan main ini dikeluarkan guna menertibkan peserta atau petambak bandeng.

“Pertama, peserta kontes adalah petambak asli Gresik yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP, Red). Selain itu, peserta juga harus menyertakan surat keterangan dari Kepala Desa serta Camat setempat, bahwa peserta adalah pemilik atau penyewa tambak yang lokasinya di wilayah Kabupaten Gresik,” tutur Suyono.

Ditambahkan Suyono, juara II juga mendapat hadiah senilai Rp 10 juta yang diraih Ahmad Anwar Sadad, 33 petambak asal Sembayat.

Kemudian juara III Syafi’i, 62, warga desa Tajungwidoro, Mengare kecamatan Bungah dengan membawa hadiah senilai Rp 5 juta.

Dikatakan, tahun ini merupakan tahun kedua diadakannya kontes Bandeng Keropok. Kontes ini diikuti seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan pemkab Gresik.

Dan tahun ini berhasil dimenangkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik. Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menuturkan, penyelenggaraan pasar bandeng diisi dengan pasar rakyat, kontes bandeng, lomba kreatifitas olahan bandeng kropok.

Tujuannya, guna melestarikan tradisi warga masyarakat Gresik yang sudah menjadi ikon kabupaten Gresik tiap tahun.

“Kegiatan ini merupakan upaya kami Pemerintah Kabupaten Gresik untuk melestarikan tradisi tahunan,” ujar Bupati Sambari.

Sementara itu, Wakil Bupati Moh. Qosim menambahkan, Pemkab Gresik selalu berupaya menumbuhkan perekonomian masyarakat Gresik. Itu dilakukan melalui kegiatan kontes bandeng yang diadakan setiap tahun.

“Kami berharap tradisi ini terus dan terus dilestarikan guna membantu menumbuhkan perekonomian di Gresik, dan kepada para pemenang, kami ucapkan selamat,” pungkas Wabup Qosim. (*/ris)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Selalu Tahajud, Dulu Kuli Kini Omzet Minimal Rp 4 Juta per Hari


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler