Wow, Dua Bulan Dua Film Diproduksi di Babel

Rabu, 18 Mei 2016 – 08:35 WIB
Lokasi Belitung yang indah kembali menjadi pilihan sebagai lokasi shooting. Foto: visitbangkabelitung.com

jpnn.com - PANGKALPINANG - Dua film utama berhasil diproduksi di Bangka Belitung dalam dua bulan terakhir. Selain itu, secara cakupan, masing-masing film akan ditayangkan secara nasional dan regional (Indonesia dan Malaysia) dalam waktu dekat ini.

Film pertama adalah Bintang di Langit Belitong yang akan segera tayang, serta film Destiny yang masih dalam proses syuting. Keduanya mengambil latar alam dan lanskap Bangka Belitung dalam film bertabur bintang papan atas tersebut.

BACA JUGA: Kerja di Bank Mandiri, Pilih jadi Pemandu Wisata di Air Terjun Dua Warna, Akhirnya...

Menurut Gubernur Babel Rustam Effendi, kedua film sejalan dengan program pengembangan wisata yang sedang digalakkan Pemprov Babel.

"Film adalah bagian ekonomi kreatif, dan ekonomi kreatif adalah bagian tak terpisahkan dari sektor pariwisata. Kedua film mengambil adegan di obyek wisata unggulan Babel, maka penonton akan tertarik datang nantinya," ucapnya di sela syukuran film Destiny di rumah dinas Gubernur Babel, Senin(16/5) malam.

BACA JUGA: LLP-KUKM Raup Ratusan Juta di Femme Makassar

Karenanya, kata dia, Pemprov Babel merasa bangga wilayahnya menjadi lokasi pembuatan film Destiny. Tepatnya di wilayah Namang dan Manumbing, keduanya pun masuk dalam rencana kawasan wisata terpadu.

"Ini kehormatan berikutnya, karena Babel hingga April 2016 adalah provinsi yang paling tinggi raihan wisatawan nusantara dan mancanegara se-Indonesia. Sudah mencapai 80 persen dari target satu tahun terdongkrak even Gerhana Matahari Total," katanya.

BACA JUGA: Ternyata Begini Cara Sakral Mimika Mengakhiri Perang

Menurut Bang Rustam, sapaannya, kedua film kian sejalan sejalan programnya mengangkat potensi wisata Bangka Belitung sehingga nama baik Babel terus naik.

"Kita berharap film ini akan mengangkat Babel lebih dikenal wisatawan domestik dan mancanegara," tambahnya.

Sekitar 40 persen lokasi shooting film karya sutradara Walmur Sitohang ini mengambil latar belakang kekayaan alam Bangka. Dengan durasi 90 menit, film bertema percintaan ini dibintangi sederet bintang film kawakan seperti Egi Fedly, Monica Oemardi, Dewi Yull dan Saiful (adik kandung Siti Nurhaliza).

Produser film Destiny, Angelina mengungkapkan, latar belakang dibuatnya film ini memberikan pemahaman bahwa budaya dan tradisi Melayu memiliki nilai kearifan kehidupan.

"Budaya Melayu dibalut kisah cinta ini penuh pesan moral bahwa suku dan tradisi Melayu sungguh memiliki nilai moral yang tinggi," ujarnya.

Bukan hanya itu, lanjut dia, ide pemilihan lokasi di pulau Bangka ini sekaligus mempromosikan keindahan pulau Bangka yang tak kalah dengan Belitung.

"Orang cenderung mengenal wisata itu di Pulau Belitung, padahal keindahan Bangka juga tak kalah hebat," cetusnya.

Saat ini, pengerjaan film ini sudah mencapai 40 persen dan dijadwalkan akhir tahun 2016 Destiny dirilis di 60 kota di Indonesia. Selain Indonesia, film ini juga akan ditayangkan di Malaysia. "14 hari kita tayang di Kualalumpur," pungkasnya.

Bang Rustam menambahkan, selain Destiny, ada juga film Bintang di Langit Belitong produksi Visitama Citra Sinema yang akan segera tayang.

"Alhamdulilah kita patut bahagia, setelah film Laskar Pelangi (2008) dan Sang Pemimpi (2013), Bumi Serumpun Sebalai tahun ini kembali menjadi pilihan insan film nasional," katanya.

Menurut dia, kebanggaan melambung karena film ini juga dibintangi artis papan atas seperti dua aktris cantik, Dea Imut dan Angel Karamoy. Kemudian Dwi Yan (aktor senior bintang film Keluarga Markum), dan aktor antagonis kawakan Agus Melaz.

Yang lebih membahagiakan, salah satu pemeran utamanya adalah putra Belitong, Leo Frangky. Termasuk sutradaranya, Sofyan Effendi, juga berasal dari Belitung.

"Indahnya bumi kita selain jadi pilihan wisatawan, juga menjadi pilihan insan ekonomi kreatif. Insya allah akan terus saya pertahankan dan kembangkan," pungkasnya. (bbp/ray/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Teganya..Orangtua Pasung Bocah 10 Tahun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler