Wow, Gaji Direksi Jasa Marga Sebegini Besarnya

Senin, 22 Mei 2017 – 21:54 WIB
Uang Rupiah. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Center for Budget Analysis (CBA) membeber daftar gaji direksi di Jasa Marga. Merujuk temuan CBA, angka gaji para petinggi di BUMN jalan tol itu memang wah.

Koordinator Investigasi CBA Jajang Nurjaman menyatakan, gaji para direksi di perusahaan pelat merah itu patut menjadi sorotan. Sebab, kinerja mereka belum sebanding dengan pelayanan yang dirasakan masyarakat. 

BACA JUGA: Jasa Marga Bakal Berikan Diskon 20 Persen Saat Arus Mudik

"Harapan publik begitu besar untuk mendapatkan pelayanan yang memuaskan dari perusahaan ini," kata Jajang dalam siaran pers, Senin (22/5).

Berdasarkan data yang didapat CBA, Jasa Marga menggelontorkan anggaran Rp 22.598.722.479 tahun 2016 untuk menggaji para direksinya. Selain gaji, ada pula tunjangan perumahan, tantiem dan tunjangan hari raya.

BACA JUGA: Pemerintah Harus Bantu Selesaikan Sengketa Panas Bumi

Misalnya, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani yang resmi dilantik pada 29 Agustus 2016 menerima gaji pokok Rp 130 juta per bulan. Di luar itu masih ada tunjangan perumahan Rp 27,5 juta perbulan.

"Angka itu belum ditambah insentif kinerja," sebut Jajang.

BACA JUGA: Konflik Bumigas-BUMN Geo Dipa Hambat Program Listrik Pemerintahan Jokowi

Daftar gaji direksi Jasa Marga. Sumber: CBA

Sedangkan untuk anggota direksi masing-masing mendapatkan gaji pokok sebesar Rp 117 juta per bulan, ditambah tunjangan perumahan sebesar Rp 27,5 juta/bulan, tunjangan hari raya (THR) Rp 117 juta dan tantiem atau insentif kinerja di tahun 2016 sebesar Rp 1.975.957.380.

"Masing-masing anggota direksi dalam satu tahun mendapatkan total gaji sebesar Rp 3.826.957.380," jelas Jajang.

Berdasar fakta itu, sambung Jajang, bersikap sabar tidak relevan lagi untuk menyikapi kinerja Jasa Marga yang lamban. Dengan direksi yang digaji besar, harusnya kinerja Jasa Marga makin berkualitas.

"Mungkin ini juga yang mendorong Menteri Rini Soemarno berpikir untuk menjadikan warga negara asing memimpin beberapa BUMN, karena kebanyakan dirut yang diangkatnya mengecewakan seperti di Jasa Marga," pungkas Jajang.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Long Weekend, Jasa Marga Prediksi 3 Kendala Lalin di Tol Jakarta-Cikampek


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler