Wury Ma’ruf Amin Apresiasi Karya Lulusan PKW Kemendikbudristek

Kamis, 29 Agustus 2024 – 20:07 WIB
Wury Ma’ruf Amin mengapresiasi karya lulusan PKW Kemendikbudristek di pameran Kriyanusa 2024. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Istri Wakil Presiden, Wury Ma'ruf Amin membuka pameran Kriyanusa 2024 bertema 'Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya' di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (28/8).

Dalam sambutannya, Wury yang merupakan Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menyampaikan bahwa acara ini mencerminkan komitmen Dekranas dalam melanjutkan tradisi leluhur kepada generasi muda kreatif dengan nilai-nilai identitas bangsa.

BACA JUGA: Linda Gallery Tampilkan Karya Seniman Tiongkok di Pameran Patung Terbesar di PIK 2

Wury mengatakan, melalui panggung Kriyanusa 2024 ini, hasil karya kreatif para perajin muda dari seluruh daerah tidak hanya menarik, tetapi juga mengikuti tren.

"Menghidupkan kembali kebudayaan Nusantara dengan mempersembahkan keindahan keterampilan karya-karya seni kerajinan mereka,” ujar Wury.

BACA JUGA: United E-Motor Gencar Gelar Pameran Motor Listrik, Catat Nih Lokasinya

Dalam kunjungannya ke anjungan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, danTeknologi (Kemendikbudristek), Wury Ma’ruf Amin merasa kagum dan terkesan dengan proses penenunan kain tenun salah satu peserta.

Sambil berjongkok didampingi Direktur Kursus dan Pelatihan Nahdiana, Wury Ma’ruf Amin tampak akrab berbincang dengan penenun Sri Ayu Ningsih, asal Ogan Ilir, Sumatra Selatan, yang konsisten menenun selesai mengikuti program PKW.

BACA JUGA: Program PKK & PKW Kemendikbudristek Kembali Dibuka, Yuk Daftar!

Nahdiana mengatakan bahwa para lulusan peserta didik PKW yang diundang dan difasilitasi untuk hadir di Kriyanusa memperagakan keterampilannya di stan Kemendikbudristek.

"Contoh yang patut ditiru sebagai pengusaha muda sukses yang menghasilkan mahakarya, dan sekaligus merupakan regenerasi dari para penenun pendahulunya,” tutur Nahdiana.

Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek turut berpartisipasi dalam Pameran Kriyanusa dengan stan bertema “Pendidikan Kecakapan Wirausaha Tekun Tenun dan Kriya Indonesia”.

Stan tersebut menunjukkan dampak program PKW Tekun Tenun dan Kriya yang telah dijalankan sejak 2020 untuk mendukung misi Dekranas dalam melahirkan bibit-bibit baru perajin Nusantara.

Pameran ini menghadirkan karya-karya dari 15 lulusan PKW Tekun Tenun dan Kriya yang datang langsung dari enam provinsi untuk menunjukkan bagaimana dampak program PKW yang mereka ikuti terhadap hidup mereka maupun perkembangan kerajinan tradisi di daerahnya.

Kelima belas lulusan yang sebagian besar mengikuti program PKW Tekun Tenun itu secara bergantian melakukan demo menenun dan memintal benang untuk menunjukkan kemahiran mereka.

Berbagai cerita baik mengalir, mulai dari kemampuan mereka yang meningkat dalam menenun sederhana hingga menenun motif rumit, sampai menghasilkan kain yang dihargai hingga Rp 3.300.000 per lembar.

Mereka juga berbagi cerita tentang bagaimana hasil program PKW telah memperbaiki kualitas hidup mereka dan keluarga, bahkan menciptakan lapangan kerja baru di lingkungannya.

Ekshibisi yang berlangsung pada 28 Agustus s.d. 1 September 2024, ini diikuti 420 stan dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam kesempatan ini, stan pameran PKW Tekun Tenun dan Kriya Indonesia memamerkan tidak kurang dari 300 karya lulusan PKW dari seluruh Nusantara, yang terdiri atas kain tenun, produk turunan tenun, dan kriya.

Di pameran ini juga ditampilkan bahan-bahan pewarna alam yang menjadi salah satu bahan ajar dalam kurikulum bidang keterampilan menenun.(jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler