Ya, PAN Memang tak Pernah Diajak Bergabung

Jumat, 23 Agustus 2019 – 21:24 WIB
Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menyebut partainya telah menentukan arah politik setelah Pilpres 2019.

PAN, kata Amien, memutuskan untuk berada di luar pemerintahan Presiden Jokowi – Wapres Ma’ruf Amin (2019-2024).

BACA JUGA: Menurut Amien Rais, Presiden Jokowi seperti Ribut Sendiri

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno menyebutkan, ucapan Amien merupakan suatu penegasan bahwa partainya tidak bermanuver untuk masuk ke pemerintahan era Jokowi.

"PAN tidak mau minta-minta. Saya kira itu juga bukan karakteristik dari PAN," kata Eddy ditemui di Jakarta Utara, Jumat (23/8).

BACA JUGA: Amien Rais : Saya Dibisiki Ketum, PAN Berada di Luar Pemerintahan

Eddy mengatakan, PAN sadar terhadap posisinya. Partai berlambang matahari terbit itu masuk barisan pendukung pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

Sementara itu, pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin merupakan pemenang kontestasi Pilpres 2019. Sebagai kubu yang kalah, PAN tidak pernah meminta jabatan di kabinet Jokowi.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Tolak Tawaran dari 3 Partai Besar

"Apa yang disampaikan Amien Rais itu mengkonfirmasi bahwa memang PAN itu tidak pernah diajak untuk bergabung," terang dia.

BACA JUGA: Menurut Amien Rais, Presiden Jokowi seperti Ribut Sendiri

Eddy menjelaskan, sikap politik PAN setelah Pilpres 2019 akan ditentukan pada Rakernas. Meski Amien telah membocorkan arah politik partai, namun keputusan formal tetap berada di Rakernas.

"Sikap kami sudah jelas. Kami mendukung pemerintah untuk hal-hal yang sifatnya positif pro kepentingan publik," pungkas dia. (mg10/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ketua MPR Ucapkan Selamat Untuk Jokowi - Maruf Amin


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler