Yakin Kartu Indonesia Sehat tidak Tumpang Tindih

Senin, 16 Juni 2014 – 11:54 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Tim Pemenangan Jokowi - JK, Rieke Diah Pitaloka, menegaskan, program Kartu Indonesia Sehat yang digaungkan capres Joko Widodo, akan menjadi program unggulan.

Sebab, kata Rieke, jika warga sehat, maka mereka akan mampu bekerja maksimal. Apalagi program itu sudah dijalankan Jokowi di Jakarta dalam kapasitasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

BACA JUGA: Hadirkan Simulai CAT, Stand KemenPAN-RB Meriah

Menurut Rieke, dalam debat capres tadi malam, Jokowi yang memulai orasinya dengan program Kartu Indonesia Sehat menandakan bahwa Jokowi ingin agar seluruh warga sehat.

Terkait pertanyaan sebagian masyarakat soal apakah Kartu Indonesia Sehat akan tumpang tindih dengan Jaminan Kesehatan Nasional dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Rieke mempunyai jawaban sendiri.

BACA JUGA: Kubu Jokowi Akhirnya Polisikan Obor Rakyat

“Justru Jokowi - JK sudah menyiapkan sistem yang merupakan implementasi dari Undang-undang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan UU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial," kata Rieke, Senin (16/6).

Menurutnya, sistem ini akan mengoreksi “kesalahan” JKN. Misalnya, terkait prinsip portabilitas yang jadi salah satu prinsip utama dalam prinsip SJSN terutama Jaminan Kesehatan Sosial.

BACA JUGA: Diperiksa KPK, Prakosa Irit Bicara

Dengan prinsip portablilitas itu, lanjut Rieke, seharusnya jaminan kesehatan tidak boleh bersifat kedaerahan.

Jadi, jaminan kesehatan sosial yang wajib dilakukan negara itu harus bersifat nasional, bukan kedaerahan. Jadi, kata dia, tidak bisa lagi gunakan Jamkesda. 

Namun, tegas Rieke, bukan berarti pemerintah daerah tidak boleh berikan jaminan kesehatan bagi masyarakatnya.

"Namun, kalaupun pemerintah daerah masih mau memberikan jaminan kesehatan  sebagai komitmen politiknya, maka itu bisa dilakukan berupa peningkatan manfaat pelayanan dan peningkatan fasilitas kesehatan yang melebihi jaminan kesehatan sosial wajib negara," papar Rieke.

Politisi PDI Perjuangan itu optimis, program Kartu Indonesia Sehat akan menggugah mereka untuk memilih Jokowi sebagai Presiden dalam pilpres nanti.

“Faktanya, masyarakat sangat tertarik dengan Kartu Indonesia Sehat. Masyarakat menunggu terobosan yang bermanfaat bagi mereka," pungkas Rieke. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Akil Sebut Bambang Widjojanto Pernah Minta Tolong


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler