Yamaha v Honda: Duel di Sektor Matik

Selasa, 01 Juni 2010 – 10:08 WIB
JAKARTA - Persaingan dua rival abadi, Yamaha dan Honda, semakin memanas di segmen motor matikPermintaan terhadap jenis yang dihuni varian skuter matik (skutik) dan bebek matik (betik) dari kedua merek itu terus meningkat dan secara total, motor matik diprediksi akan memberikan kontribusi mencapai 45 persen terhadap total penjualan sepeda motor di tahun ini.
     
PT Astra Honda Motor (AHM) mengumumkan bahwa pesanan salah satu produk terbarunya di kelas matik, Scoopy, mencapai tiga ribu unit hanya dalam jangka waktu satu minggu setelah diluncurkan

BACA JUGA: MBI Bakal Naikkan Harga Hingga Rp 40 juta

Angka tersebut dinilai sangat fantastis untuk sebuah sepeda motor di kelas matik di Indonesia
"Ini membawa angin segar buat kami," kata Senior General Manager Sales Division AHM Sigit Kumala kepada Jawa Pos, tadi malam.
     
Sepakat dengan perkiraan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), AHM memperkirakan bahwa market share motor matik tahun ini akan mencapai 45 persen dari total penjualan sepeda motor yang diprediksi menembus angka 6,5 juta unit

BACA JUGA: Penjualan Yaris Naik 60 Persen


     
Pada tahun lalu, market share motor matik terhadap total penjualan sepeda motor sebesar 39 persen
"Ini tidak lepas dari peran para produsen dalam mengedukasi konsumen sehingga anggapan bahwa motor matik itu boros bahan bakar dan rentan mogok mulai berkurang," ujar Sigit.
   
Sesuai dengan prediksi peningkatan total motor matik, AHM juga mengincar pangsa pasar sebesar 45 persen di segmen matik tahun ini

BACA JUGA: Software Bermasalah, Ribuan Lexus Ditarik

Pada tahun lalu, posisi AHM berada pada angka 39 persen dengan mengandalkan dua tipe yaitu Beat dan Vario"Tahun ini ada kekuatan tambahan yaitu Scoopy," ungkap Sigit.
   
Sigit meyakini bahwa tingginya permintaan terhadap motor matik menjadi bukti bahwa pasar sepeda motor terus tumbuhMenurutnya, kehadiran berbagai tipe matik membina pasar baru selain pasar yang sudah ada di tipe manual.
   
PT Yamaha Kencana Motor Indonesia (YMKI) tidak mau kalahProduk terbaru mereka, bebek skutik Xeon sejak dirilis akhir April lalu mencatatkan inden sebesar 3300 unit"Dengan keunggulannya, kami meyakini Xeon akan menjadi pilihan konsumen," kata Presiden Direktur YMKI Dyonisius Beti.
     
Dyon - sapaan akrabnya - mengatakan bahwa Xeon menjadi terobosan baru di segmen motor matik karena memiliki mesin berkapasitas 125cc dan memiliki kecepatan tinggi"Animo masyarakat bagusDan untuk pertama di Indonesia bisa inden secara online (di internet)," terusnya.
     
Xeon ditargetkan terjual 20 ribu unit per bulanBetik segmen premium seharga Rp 15,5 juta itu bisa mulai dimiliki konsumen mulai 1 Juni 2010Kompetitor di kelas Xeon adalah Suzuki Skydrive dan Skywave.
     
Di kelas berbeda, YMKI masih mengandalkan Mio yang masih merajai motor matik dan sampai saat ini populasinya sekitar 4 juta unitYMKI juga sedang mempertimbangkan mendatangkan Yamaha Fino untuk menyaingi Scoopy karena modelnya yang tidak jauh berbeda.(gen)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pasang Target Tinggi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler