Yang Puas dengan Kinerja SBY Hanya 48,6 Persen

Kamis, 09 Januari 2014 – 19:00 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Persepsi publik terbelah terkait kinerja pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang kini telah memasuki tahun terakhir masa kerjanya. Mereka yang merasa puas dengan kinerja SBY dan yang tidak puas, jumlahnya hampir sama.

Hal itu terungkap dalam Survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis  Kamis (9/1) di Hotel Four Season, Jakarta Selatan. Berdasarkan hasil survei tersebut, sebanyak 41,1 persen responden kurang puas dengan kinerja SBY.

BACA JUGA: Dana Kurang, Polisi Ngaku tak Bisa Maksimal Kawal Pemilu

"Ini dipengaruhi kebijakan-kebijakan pemerintahan SBY yang tidak prorakyat," kata Saiful Mujani dalam paparan surveinya bertajuk Refleksi Publik 15 Tahun Demokrasi Indonesia.

Sementara jumlah responden yang merasa puas sebanyak 48,6 persen. Meski jumlah yang puas lebih tinggi, namun tidak berarti pemerintah bisa bernafas lega. Pasalnya, jumlah yang tidak puas hampir sama besar.

BACA JUGA: Jokowi Tidak Nyapres, Prabowo Berkuasa

"Ini bisa menjadi cerminan bagi kinerja pemerintahan SBY bahwa tidak semua masyarakat puas atas kinerja SBY," terang Saiful.

Dalam surveinya, SMRC juga mencoba merekam persepsi publik terkait kondisi politik saat ini. Hal tersebut dilakukan mengingat tahun 2014 ini akan berlangsung pemilihan umum anggota legislatif dan presiden.

BACA JUGA: Pemda Ubah Data Kelulusan CPNS, Diancam Pidana

Hasilnya, 26,8 persen responden menilai kondisi politik Indonesia saat ini memburuk. Sementara yang menjawab sebaliknya berjumlah 21,9 persen.

"Hal ini juga dipengaruhi oleh kinerja pemerintah saat ini. Masyarakat tidak banyak menilai kondisi politik Indonesia membaik," tambah Saiful.

Survei ini dilakukan pada 19-27 Desember 2013 dengan menggunakan sampel sebanyak 1.220 responden. Metodologinya wawancara tatap muka dengan margin error plus-minus 2,9 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (dil/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sekjen DPR Serahkan Dokumen Terkait Akil ke KPK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler