Yang Suka SBY Tergiring Pilih Prabowo-Hatta

Sabtu, 21 Juni 2014 – 09:53 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) Husin Yazid mengatakan dukungan mayoritas anggota fraksi, pengurus harian, dan kader Partai Demokrat (PD) akan menambah kekuatan mesin politik Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Menurutnya, dengan dukungan mayoritas kekuatan PD, masyarakat yang suka pada Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tergiring untuk memilih Prabowo-Hatta sehingga eletabiltias pasangan capres nomor urut satu ini terus meningkat.
 
“Dukungan Demokrat cukup berpengaruh. Masyarakat yang menyukai SBY tergiring untuk memilih Prabowo-Hatta,” kata Husin di Jakarta, Jumat (20/6).
 
Berdasarkan survei Puskaptis yang melibatkan 2.400 responden di 33 provinsi, 6-12 Juni 2014 lalu, Prabowo-Hatta berhasil mengungguli Jokowi-JK di beberapa daerah. Bahkan di Jawa Tengah yang selama ini menjadi lumbung suara PDIP.
 
Husein menambahkan, dalam debat Pilpres berikutnya akan berpengaruh terhadap elektabilitas masing-masing pasangan kandidat.
 
Swing voter sebesar 12,39 persen. Penampilan yang apik saat debat capres-cawapres menjadi salah satu pendorong swing voter. “Debat capres jadi patokan swing voter dalam memilih,” ungkapnya.
 
Husin menjelaskan, swing voter memiliki karakteristik terdidik dan kritis. Dari segi ekonomi, mereka dari golongan mapan. “Pemilih pemula juga masuk dalam swing voter,” pungkasnya. (awa/jpnn)

BACA JUGA: Kaum Hawa Dukung Prabowo Hatta

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPU Yakin Pilpres Satu Putaran


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler