Yuk Coba, 4 Cara untuk Usir Kolesterol Jahat

Selasa, 06 Februari 2018 – 05:03 WIB
Ilustrasi. Seorang wanita sedang menghirup udara segar. Foto Women Healthy

jpnn.com - Memiliki tubuh sehat dan bebas kolesterol merupakan impian setiap orang.

Tak heran, banyak yang berkeinginan untuk segera memulai gaya hidup sehat tahun ini. Apakah Anda salah satunya?

BACA JUGA: Makan Enak tapi Kolesterol Rendah, Ini Rahasia Menteri Nasir

Tak perlu terburu-buru. Agar gaya hidup sehat yang Anda lakukan benar-benar bermanfaat mengusir kolesterol jahat dari dalam tubuh, berikut empat cara yang perlu dilakukan untuk memulainya:

1. Motivasi diri.

BACA JUGA: 7 Makanan Ini Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

Bebas kolesterol, artinya bebas penyakit jantung, stroke dan diabetes. Ingatlah kata-kata tersebut, agar Anda lebih termotivasi.

Anda pun bisa menuliskan kata-kata tersebut pada selembar kertas berukuran besar, untuk kemudian ditempel di dinding atau tempat yang mudah terlihat. Dengan melihat tulisan tersebut, Anda akan langsung termotivasi.

BACA JUGA: Cegah Batu Empedu dengan Diet Sehat

2. Ajak keluarga.

Ingin mulai hidup sehat, tentu harus bersama keluarga. Buatlah komitmen bersama, misalnya menghindari konsumsi gorengan dan makanan cepat saji.

Komitmen sederhana seperti itu akan menjadi kebiasaan, yang bila dilakukan secara konsisten akan menjauhkan bahaya kolesterol dari Anda sekeluarga.

3. Singkirkan godaan.

Singkirkan kue-kue, manisan, dan minuman manis dari meja kerja. Ganti dengan camilan yang lebih sehat, misalnya yang mengandung plant stanol ester.

Hindari melintas di sekitar restoran cepat saji favorit, atau pedagang gorengan langganan. Jangan meremehkan godaan, sekali jatuh akan sulit untuk bangkit lagi.

4. Beri penghargaan.

Saat berhasil menerapkan gaya hidup sehat dalam sebulan pertama, Anda bisa memberi penghargaan pada diri sendiri. Misalnya dengan membeli sepatu olahraga baru, alat pengukur tekanan darah, atau barang yang sudah Anda incar sejak tahun lalu.(NB/RH/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 6 Hal Sederhana untuk Menurunkan Kolesterol


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler