YUK…Dukung Kelimutu dan Situs Bung Karno Menangkan API 2016

Rabu, 27 Juli 2016 – 10:21 WIB
Situs rumah pengasingan Bung Karno di Kota Ende, Provinsi NTT. FOTO: DOK. Don Kardono/JPNN.com

jpnn.com - SIAPA tidak bangga, ternyata dua destinasi wisata yang dimilik Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terletak di Kabupaten Ende, masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2016.

Kedua potensi wisata itu adalah danau Kelimutu (danau tiga warna) dan situs Bung Karno. Keduanya terletak di jantung kota Ende.

BACA JUGA: Waspadalah! Banjir Sudah Mengintai

Jelas saja fakta ini benar-benar membuat pemerintah dan masyarakat kabupaten setempat merasa ingin berbuat sesuatu. Kepentingannya adalah kalau bisa kedua situs ini memenangi API tahun 2016.

Bupati Ende, Marselinus Y.W Petu dan Ketua DPRD Ende, Herman Yoseph Wadhi angkat suara. Mereka mengajak masyarakat NTT umumnya dan masyarakat Kabupaten Ende khususnya untuk aktif melakukan Vote Kelimutu dan Situs Bung Karno di ajang API tahun 2016.

BACA JUGA: Raih Adipura, Sidoarjo Punya Teknologi Baru Olah Sampah

Kepada Timor Express (JPNN Group), akhir pekan lalu di Ende, Bupati Ende tak dapat menyembunyikan kebanggaannya. Pasalnya, kedua obyek wisata di wilayahnya itu diakui dunia.

"Saya sangat senang dan bangga dua objek wisata di daerah itu menjadi nominasi masuk kategori terpopuler di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2016,” kata Marsel Petu.

BACA JUGA: Astaga.. Kapolsek Ditabrak Sopir Mabuk, Terlempar Jauh

Malah, baginya, untuk bisa mencapai keberhasilan di ajang API ini, dirinya mengajak masyarakat Kabupaten Ende untuk melakukan vote terhadap dua objek wisata yang sejak turun-temurun, menjadi kebanggaan masyarakat Ende.

Lebih jauh, dia menuturkan, dia mengakui, untuk bisa menjadi brand wisata tidaklah mudah. Karena setiap daerah menginginkan potensi wisata yang mereka miliki masuk kategori terbaik.

"Perjuangan itu memang berat, namun jika masyarakat Kabupaten Ende khususnya dan NTT umumnya melakukan vote, bukan tidak mungkin kita bisa meraih yang terbaik atau favorit,” ujarnya optimistis.

Hal senada disampaikan Ketua DPRD Ende Herman Yoseph Wadhi. Menurutnya, meski dirinya baru mengetahui kedua tempat wisata masuk nominasi API 2016 ini, namun dia berharap bisa menjadi pemenang, sesuai kategori masing-masing.

"Terus terang saya baru tahu ini. Saya berharap kita punya Kelimutu dan Situs Bung Karno bukan saja masuk Nominasi API tapi menjadi pemenang,"kata Hery Wadhi.

Untuk itu, dia berharap agar pemerintah dalam hal ini dinas terkait gencar melakukan sosialisai kepada masyarakat untuk lakukan vote.

"Seperti bagaimana cara melakukan vote, dan apa-apa saja yang harus dilakukan, itu haruslah disosialisaikan kepada semua orang agar mereka pun tahu,” katanya.

"Semua harus ikut bertanggung jawab mempromosikan potensi wisata kita, sehingga kita bisa meraih predikat terbaik di ajang ini,” ujar Hery.(JPG/timor express/fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sori, Izin Usaha Karaoke Tak Bisa Diperpanjang Lagi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler