Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

10 Jenis Makanan ini Baik untuk Penderita Ginjal

Sabtu, 05 September 2020 – 04:14 WIB
10 Jenis Makanan ini Baik untuk Penderita Ginjal - JPNN.COM
Ginjal. Foto: Ilustrasi Boldsky

jpnn.com - Penyakit ginjal tidak bisa diabaikan. Ginjal melakukan banyak fungsi penting dalam tubuh, salah satunya adalah untuk menyaring dan membuang limbah, seperti racun atau garam berlebih.

Karena itu, menjaga kesehatan ginjal sangatlah penting. 

Orang dengan gangguan ginjal perlu menjaga asupan dengan mengonsumsi makanan sehat demi menjaga kondisi kesehatannya. Penderita amat dianjurkan untuk melakukan diet khusus dengan membatasi konsumsi sodium, potasium, fosfor, dan protein.

Sebaliknya, penderita dianjurkan untuk konsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Selain itu, Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan yang baik untuk ginjal berikut ini:

1. Ikan

Makanan untuk kesehatan ginjal yang pertama adalah ikan yang tinggi akan asam lemak omega-3, seperti salmon dan tuna. Tubuh tidak dapat membuat asam lemak omega-3 sendiri, sehingga manusia harus mendapatkannya dari makanan.

Lemak omega-3 dapat mengurangi kadar lemak jahat dalam darah dan berhubungan dengan penurunan tekanan darah. Karena tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit ginjal, maka penurunan tekanan darah dapat membantu melindungi ginjal.

2. Sayuran Hijau

Konsumsilah beragam makanan yang baik untuk kesehatan ginjal Anda supaya tidak bermasalah dikemudian hari.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close