Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

5 Kiat Mengurangi Risiko Terkena Batu Ginjal Akibat Obesitas

Kamis, 03 September 2020 – 04:13 WIB
5 Kiat Mengurangi Risiko Terkena Batu Ginjal Akibat Obesitas - JPNN.COM
Ilustrasi ginjal. Foto: Ilustrasi Boldsky

jpnn.com - Obesitas ternyata juga berhubungan dengan batu ginjal. Nah, dengan menjaga berat badan tetap ideal, Anda dapat mengurangi risiko terkena batu ginjal akibat obesitas.

Beberapa tips di bawah ini bisa Anda lakukan untuk mencegah dampak tersebut:

1. Cukup Minum Air Putih 

Pastikan Anda cukup minum air atau cairan setiap harinya. Kebutuhan cairan pada masing-masing orang bisa berbeda. Tergantung dari jenis kelamin, berat badan, aktivitas, dan penyakit. Secara umum kebutuhan cairan orang dewasa adalah sebanyak 3 liter per hari. 

Sebagian besar dari tubuh manusia terdiri atas air. Jadi air diperlukan untuk membuat tubuh berfungsi secara optimal. Sebuah penelitian membuktikan bahwa jumlah urine yang sedikit akan meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal. Terapi utama paling sederhana adalah dengan minum air. 

Saat kondisi kekurangan air, tubuh akan memberikan sinyal dengan rasa haus. Percayakan pada sistem tersebut, minumlah air sampai tidak merasa haus lagi.  Minumlah air lebih banyak saat Anda mengeluarkan banyak cairan, misalnya saat menstruasi, menyusui, dan berolahraga. 

2. Olahraga Teratur

Olahraga dapat membantu membakar kelebihan kalori dan meningkatkan metabolisme. 

Beberapa penelitian menemukan, orang yang melakukan setidaknya 200 menit aktivitas fisik level sedang dalam seminggu setelah menurunkan berat badannya, maka akan lebih mungkin untuk mempertahankan berat badan. 

Di samping itu, sebuah penelitian menyatakan bahwa kenaikan berat badan saat awal masa dewasa (21 tahun pada pria dan 18 tahun pada wanita) dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal pada pria maupun wanita. 

Batu ginjal memang banyak pemicunya, tetapi jangan ragu untuk mengubah gaya hidup Anda, terutama jika sudah memiliki obesitas.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close