Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

10 Kontroversi Politik 2020: Pernyataan Puan Maharani, Kepulangan HRS Hingga Reshuffle Kabinet

Selasa, 29 Desember 2020 – 04:27 WIB
10 Kontroversi Politik 2020: Pernyataan Puan Maharani, Kepulangan HRS Hingga Reshuffle Kabinet - JPNN.COM
Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab saat tiba di Polda Metro Jaya, Sabtu (12/12). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Peristiwa penting menghangatkan perpolitikan di Indonesia sepanjang 2020. Ada sepuluh peristiwa yang tercatat memicu pro-kontra di tengah masyarakat.

Antara lain, kontroversi pernyataan Kepala BPIP tentang Pancasila dan agama dan perdebatan tentang penerapan lockdown menghadapi pandemi Virus Corona (COVID-19).

Kemudian, kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab, hingga reshuffle kabinet yang menempatkan pasangan rival Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 masuk dalam jajaran kabinet.    

Pengesahan RUU HIP dan UU Cipta Kerja juga sempat membuat suasana politik memanas, bahkan memunculkan gelombang aksi di tengah masyarakat.

Berikut 10 Kontroversi Politik di 2020:

1. Pernyataan Kepala BPIP Soal Agama dan Pancasila

Pernyataan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi yang menyebut agama adalah musuh Pancasila, menuai kontroversi di tengah masyarakat, Februari lalu.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin bahkan turun tangan meminta mantan rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta itu segera mengklarifikasi pernyataannya, agar tidak menimbulkan salah paham.

Sepuluh peristiwa penting sempat menghangatkan perpolitikan di Indonesia sepanjang 2020. Mulai dari kontroversi terkait agama dan Pancasila, kepulangan HRS hingga reshuffle yang mengangkat Sandiaga Uno masuk dalam Kabinet Indonesia Maju.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close