12 Ibu Hamil Terinfeksi HIV-AIDS

Jumat, 03 Desember 2010 – 11:01 WIB
12 Ibu Hamil Terinfeksi HIV-AIDS - JPNN.COM
JAYAPURA --Kasus HIV-AIDS di Kota Jayapura saat ini telah menembus 1592 kasus. Menurut Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Jayapura, Binton Nainggolan mengungkapkan, dari 1592 kasus yang diperoleh dari VCT di rumah sakit dan Puskesmas yang ada di Kota Jayapura hingga Oktober 2010, terdapat 12 ibu hamil yang positif mengidap HIV-AIDS.

"Kemungkinan besar penularan virus HIV-AIDS terhadap 12 ibu hamil ini dari suami mereka. Sebab diperkirakan, hampir 100 persen penularan HIV-AIDS di Kota Jayapura melalui hubungan seksual," ungkapnya kepada Cenderawasih Pos (grup JPNN) usai menggelar rapat dengan komunitas terinfeksi bersama Komisi C dan B DPRD Kota Jayapura di ruang rapat KPA Kota Jayapura, kemarin.

Mengacu pada data yang ada saat ini, menurut Binton prioritas penangananan HIV-AIDS di Kota Jayapura sekarang sedikit berubah yakni dengan fokus pada penderita. "Jadi perlu ada semacam gerakan dari masyarakat luas agar lebih peduli terhadap orang yang sudah terinfeksi melalui dukungan perawatan dan pengobatan," jelasnya.

Mengenai hasil pertemuan kemarin, Binton mengungkapkan bahwa telah tercipta komitmen KPA dan DPRD Kota Jayapura untuk melaksanakan Pencanangan Peningkatan Program Perawatan, Dukungan dan Pengobatan bagi Mereka yang Terinfeksi HIV-AIDS, Senin (6/12). (ta/nat)

loading...