Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

12 Persen Desa di Aceh Belum Memiliki Akses Internet

Minggu, 24 Juli 2022 – 09:45 WIB
12 Persen Desa di Aceh Belum Memiliki Akses Internet - JPNN.COM
Kabid Kabid Layanan e-government Diskominfo Aceh Hendri Dermawan saat memperlihatkan peta daerah yang belum terakses internet di Aceh, di Banda Aceh, Sabtu (23/7/2022) (ANTARA/Rahmat Fajri)

jpnn.com, BANDA ACEH - Sebanyak 536 dari 6.497 desa di Provinsi Aceh belum memiliki akses internet. 

Kabid Layanan e-Government Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh Hendri Dermawan menyebutkan dari 536 desa tersebut, ada 387 yang sudah memiliki sinyal G/2G, tetapi belum dapat mengakses internet. 

Kemudian, ada 149 desa lainnya masuk kategori blank spot (tidak ada sinyal dan internet). 

"Sejauh ini ada 536 desa yang belum bisa mengakses internet, atau 12 persen dari jumlah desa di Aceh," kata Hendri Dermawan di Banda Aceh, Sabtu (23/7). 

Hendri menjelaskan dari 23 kabupaten/kota di Aceh, terdapat tiga daerah yang paling banyak desanya belum terakses internet (kategori merah), yakni Kabupaten Simeulue, Aceh Jaya dan Gayo Lues.

Dia memerinci di Kabupaten Simeulue masih ada 96 desa yang belum memiliki akses internet (jumlah desa 138), kemudian di Aceh Jaya 98 desa (172), dan di Gayo Lues 77 desa (136).

"Daerah kabupaten lain juga ada desanya yang belum memiliki akses internet, tetapi tidak banyak (kategori kuning dan hijau)," ujarnya.

Hendri menyampaikan banyaknya desa di Aceh belum terakses internet tersebut dipengaruhi kondisi geografis daerah yang banyak perbukitan, sehingga mengganggu kualitas jaringan.

Sejauh ini ada 536 desa yang belum bisa mengakses internet, atau 12 persen dari jumlah desa di Aceh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close