Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

12.12 Bikin Anda Terobsesi Belanja, Benarkah Pertanda Gangguan Mental?

Kamis, 12 Desember 2019 – 07:17 WIB
12.12 Bikin Anda Terobsesi Belanja, Benarkah Pertanda Gangguan Mental? - JPNN.COM
Ilustrasi belanja online 12.12. Foto shopping

jpnn.com - 12.12 merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh sebagian masyarakat Indonesia. Pasalnya, tanggal ini diperingati sebagai Hari Belanja Online Nasional alias Harbolnas 12.12.

Itu berarti, banyak sekali potongan harga dan berbagai promo yang sangat menggoda. Euforia belanja online di Harbolnas rupanya tidak hanya mengundang respons positif, tetapi juga respons negatif.

Sebab, tak sedikit orang yang mengatakan bahwa keinginan belanja yang menggebu-gebu di Harbolnas adalah pertanda dari gangguan mental.

Apa kata medis?

Menurut dr. Bambang Hady dari KlikDokter, pada dasarnya setiap orang memang memiliki kecenderungan untuk menggemari sesuatu secara berlebihan alias obsesi, termasuk soal belanja.

Umumnya, orang yang hobi belanja menganggap bahwa berbelanja online merupakan kegiatan menyenangkan yang dapat memuaskan hasrat pribadinya. Hal ini tentu bisa membuatnya ketagihan sehingga sulit untuk mengontrol kebiasaan tersebut.

"Sulit untuk menghentikan keinginan, itulah yang sebenarnya bisa menjadi masalah dan memicu gangguan mental. Yang perlu ditekankan di sini adalah tidak berarti semua orang yang berbelanja saat Harbolnas mengalami gangguan mental,” jelas dr. Bambang.

Pasalnya, lanjut dr. Bambang, banyak juga konsumen yang memang memanfaatkan potongan harga saat Harbolnas sebagai momen yang tepat untuk membeli barang yang dibutuhkan.

12.12 merupakan tanggal diperingatinya Hari Belanja Online Nasional alias Harbolnas.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close