Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

142 Mahasiswa Indonesia Terjebak di Sudan, Minta Bantuan ke Pak Ganjar

Selasa, 12 Mei 2020 – 22:19 WIB
142 Mahasiswa Indonesia Terjebak di Sudan, Minta Bantuan ke Pak Ganjar - JPNN.COM
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Foto: Dok/Ngopibareng.id

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jateng dan Biro Kesra Jateng telah bergerak membantu 142 mahasiswa yang tertahan di Sudan.

Dia juga mengatakan Kementerian Luar Negeri langsung menyisir keberadaan para mahasiswa tersebut.

Menurut Ganjar, ratusan mahasiswa itu selain dari Jawa Tengah juga berasal dari berbagai daerah lain.

Saat ini mereka tidak bisa pulang ke Tanah Air. Para mahasiswa itu mengaku kesulitan logistik karena kehabisan uang saku, dan akhirnya mereka mengajukan bantuan sebesar Rp 71 juta.

"Sudah disiapkan tadi dan kami sepakat untuk kami bantu dari BAZNAS. Kami sudah ketemu Ketua BAZNAS, Biro kesra Jateng dan sudah kami berikan nomor teleponnya mudah-mudahan bisa segera dikirim (bantuannya)," kata Ganjar pada Selasa (12/5).

Ganjar mengatakan keberadaan 142 mahasiswa di Sudan tersebut dia ketahui ketika melakukan live Instagram beberapa waktu lalu bersama istri dan anaknya.

Dalam live tersebut beberapa warga memang mengajukan untuk bisa live secara bersama.

"Kemudian ada yang masuk dari Sudan. 'Pak boleh tidak ngobrol', kemudian saya pencet lalu ngobrol. Ternyata dia sudah pernah ngirim surat, tapi tidak tahu di mana suratnya. Coba kirim lagi dan ternyata kepadanya, kepada saya. Mungkin itu berkahnya Ramadan. Ngirim surat langsung belum sampai, begitu live instagram langsung bisa," katanya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung bergerak membantu 142 mahasiswa yang terjebak di Sudan setelah mendapatkan laporan di Instagram.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close