Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

15 Orang Berteriak Papua Merdeka di Manokwari, Langsung Ditangkap

Senin, 28 November 2022 – 04:56 WIB
15 Orang Berteriak Papua Merdeka di Manokwari, Langsung Ditangkap - JPNN.COM
Personel Polres Manokwari mengamankan 15 orang dalam aksi makar yang digelar di terminal Wosi Manokwari Papua Barat, Minggu (27/11/2022). (ANTARA/HANS ARNOLD KAPISA)

jpnn.com, MANOKWARI - Sebanyak 15 orang ditangkap polisi setelah diduga melakukan aksi makar saat memperingati hari jadi West Papua New Guinea (WPNG) di terminal Wosi Manokwari, Minggu (27/11).

Kapolres Manokwari AKBP Parasian Herman Gultom mengatakan belasan orang itu sudah ditangkap dan diperiksa di kantor polisi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Menurut Parasian, penyidik akan mendalami peran dari para kriminal tersebut. 

"Aksinya diduga bertentangan dengan ideologi NKRI tetapi dibalut dengan kegiatan ibadah, karena ada teriakan Papua merdeka hingga pembentangan simbol-simbol yang dilarang di negara," ujar kapolres dikutip dari Antara, Minggu (27/11).

Perwira menengah Polri itu mengatakan dari hasil pemeriksaan awal 15 orang tersebut diketahui sebagai koordinator lapangan, penghubung masyarakat hingga simpatisan yang hadir dalam kegiatan terlarang itu.

"Pada saat aksi, mereka menyebut bahwa presiden mereka saat ini sedang berada di negara Belanda. Oleh karena itu setelah pemeriksaan, akan kami gelar untuk menentukan siapa yang patut ditetapkan sebagai tersangka sesuai dengan pasal 106 KUHP tentang makar,” ujar dia.

Parasian mengatakan menjelaskan aksi itu digelar sekitar pukul 11.30-12.00 WIT di terminal Wosi. Kegiatan diawali dengan ibadah dan dilanjutkan dengan orasi-orasi hingga pembentangan bendera bintang kejora.

"Anggota kami sudah mengimbau tetapi tidak diindahkan sehingga dilakukan penegakan hukum pembubaran paksa hingga mengamankan 15 orang," ujar Kapolres.

Polres Manokwari menangkap 15 orang yang diduga melakukan tindakan makar dengan meneriakan Papua merdeka.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close