Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

15 Rekening Terkait Briptu Hasbudi Disita Polisi, Berapa Isinya? Begini Penjelasan Irjen Daniel

Senin, 09 Mei 2022 – 11:32 WIB
15 Rekening Terkait Briptu Hasbudi Disita Polisi, Berapa Isinya? Begini Penjelasan Irjen Daniel - JPNN.COM
Kapolda Kaltara Irjen Pol. Daniel Adityajaya bersama jajaran merilis kasus polisi tajir Briptu HSB di Mapolda Kalimantan Utara, Senin (9/5). ANTARA/Ayu Prameswari

jpnn.com, TANJUNG SELOR - Penyidik Kepolisian Daerah Kalimantan Utara (Polda Kaltara) terus bergerak mengusut kasus yang menjerat oknum polisi tajir Briptu Hasbudi (HSB), salah satunya dugaan penambang emas liar di Sekatak, Bulungan. 

Penyidik sudah menyita 15 rekening bank terkait kasus yang menjerat Briptu Hasbudi. Hal ini dilakukan karena penyidik Polda Kaltara juga menjerat Briptu Hasbudi dengan Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). 

"Rekening semua yang kami temukan, rekening di rumahnya, baik itu istri, ibu, dan semuanya karena kami kemarin menjerat dengan TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang). (Rekening) kita amankan," kata Kapolda Kaltara Irjen Daniel Adityajaya di sela-sela konferensi pers di Mapolda Kaltara, Senin (9/5).

Jenderal bintang dua ini menambahkan selain milik Briptu Hasbudi dan keluarganya, penyidik juga menyita rekening atas nama orang lain, serta mengamankan beberapa catatan alat bukti transfer uang. 

“Itu kami amankan juga untuk dianalisis alasan atau modus pemberian tersebut,” ungkap Irjen Daniel didampingi Dirreskrimsus Polda Kaltara AKBP Hendy Febrianto Kurniawan. 

Polisi akan melakukan gelar perkara apabila ada indikasi uang turut mengalir kepada oknum pejabat tertentu yang berkaitan dengan wewenang dan jabatannya. "Tujuannya untuk melihat apakah itu masuk ranah korupsi atau tidak," kata Irjen Daniel Adityajaya.

Lebih lanjut dia menjelaskan terhadap 15 rekening yang diamankan, pihaknya belum menyimpulkan nilai total dana yang tersimpan di dalamnya. 

"Nilainya belum bisa kami buka karena kami harus menggunakan otoritas PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) yang memiliki kewenangan,” ujarnya.  “Kami juga sudah mengajukan untuk dapat mengakses terkait dengan isi rekening tersebut," tambahnya. 

Irjen Daniel didampingi AKBP Hendy Kurniawan menyebut penyidik menyita 15 rekening terkait Briptu Hasbudi. Lalu, berapa isi rekening itu?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close