Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

17 Maskapai Stop Terbang di Cengkareng

Debu Merapi Hingga Jakarta

Minggu, 07 November 2010 – 05:49 WIB
17 Maskapai Stop Terbang di Cengkareng - JPNN.COM
MASIH MEMBARA: Pohon-pohon yang diterjang wedus gembel pada Jumat dini hari di kali Gendol Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta menjadi jalur awan panas gunung Merapi yang menghanguskan seluruh perkampungan. Foto: GUSLAN GUMILANG/Jawa Pos
JAKARTA -- Sejumlah maskapai sudah kalang kabut menghadapi abu vulkanik letusan Gunung Merapi yang mulai masuk kota Jakarta. Hal itu terlihat dari dibatalkannya 50 penerbangan (flight) dari 17 maskapai di Bandara Soekarno Hatta (Cengkareng) hingga tadi malam. "Mereka (maskapai-red) ini kelihatannya sensitif banget menghadapi debu vulkanis yang sudah sampai ke Cengkareng," ujar Manager Humas PT Angkasa Pura II Andang Santosa saat dihubungi tadi malam. Jumlah maskapai yang tidak berani masuk ke Cengkareng itu termasuk besar karena setiap hari bandara Soekarno Hatta selalu ramai dengan aktifitas 23 maskapai.

Maskapai-maskapai itu, menurut Andang, mengambil keputusan sendiri untuk menghentikan penerbangannya ke bandara terbesar di Tanah Air itu. Sebab, belum ada larangan dari otoritas penerbangan sipil, dalam hal ini Direktorat Penerbangan Udara Kementerian Perhubungan. "Justru ada Notam (Notice for Airman) yang menyatakan jalur utara dan barat masih aman," kata dia.

Andang juga tidak mendengar ada laporan dari pesawat yang memiliki rute Surabaya-Jakarta atau Jakarta- Denpasar yang mengalami kerusakan akibat melewati wilayah Jawa Tengah. "Kalau begitu kenapa yang rute Singapura-Jakarta juga di-stop. Seharusnya kalau belum ada Notam larangan masuk ke Cengkareng ya tidak perlu takut, karena kita kan selalu memonitor kondisi di lapangan," cetusnya.

Corporate Communication Manager AirAsia, Audrey Progastama Petriny mengakui bahwa maskapainya telah menghentikan penerbangan dari dan ke bandara Soekarno-Hatta (Cengkareng) sejak sore kemarin. "Tapi ini hanya untuk sementara waktu. Dikarenakan abu vulkanik Merapi telah menyebar ke wilayah Cengkareng sehingga berpotensi menganggu lalu lintas udara," kata dia.

JAKARTA -- Sejumlah maskapai sudah kalang kabut menghadapi abu vulkanik letusan Gunung Merapi yang mulai masuk kota Jakarta. Hal itu terlihat dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA