Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

192 Hektare Tanaman Padi di Serang Mengalami Puso

Kamis, 29 Agustus 2019 – 13:54 WIB
192 Hektare Tanaman Padi di Serang Mengalami Puso - JPNN.COM
Petani gagal panen padi. Foto : JPG/Pojokpitu

jpnn.com, SERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, Banten, akan memberikan bantuan kepada beberapa wilayah yang mengalami puso atau gagal panen akibat musim kering yang terjadi beberapa bulan terakhir ini.

Kepala Bidang pada Dinas Pertanian Kabupaten Serang Zaldi Dhuhana, mengatakan, para petani yang mengalami tanaman puso akan mendapatkan bantuan dari pihak asuransi yakni PT. Jasindo yang sudah bekerjasama dengan Pemkab Serang. Di mana bagi yang terdaftar atau mempunyai kartu petani akan mendapat ganti rugi dengan nilai uang sebesar Rp 6 juta perhektare.

"Bagi petani yang tidak memiliki kartu petani tetap akan dibantu dari Pemkab Serang berupa benih sesuai dengan kebutuhan petani,” kata Zaldi.

Ia menjelaskan, menurut catatan Dinas Pertanian Kabupaten Serang, seluas 192 hektare tanaman padi di beberapa wilayah mengalami puso akibat kemarau panjang sehingga persawahan tidak teraliri air.

BACA JUGA: Alami Puso, Petani Jateng Ajukan Klaim Asuransi

Beberapa wilayah yang sudah dinyatakan puso tersebar di Kecamatan Jawilan, Cikande, Pamarayan, dan Kecamatan Cikeusal. Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Lebak Wangi, Ciruas, dan Kramawawatu masih dalam kondisi aman, namun terancam akan mengalami hal yang sama apabila dalam waktu dekat tidak terjadi hujan.

“Wilayah itu juga ada ancaman puso jika dalam waktu dekat tidak turun hujan,” kata Zaldi.

Zaldi menambahkan, berdasarkan peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG akan terjadi kemarau selama 60 hari berturut-turut.

Pemkab Serang akan memberikan ganti rugi sebesar Rp 6 juta perhektare kepada petani yang mengalami tanaman puso.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close