Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

2 ABK Asal Indonesia di Kapal Tiongkok Terjun ke Laut, Bamsoet Minta Polri Bergerak

Senin, 08 Juni 2020 – 16:38 WIB
2 ABK Asal Indonesia di Kapal Tiongkok Terjun ke Laut, Bamsoet Minta Polri Bergerak - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyoroti dua anak buah kapal (ABK) asal Indonesia yang bekerja di kapal ikan Tiongkok, terjun ke laut demi melarikan diri karena mengaku kerap mendapatkan kekerasan fisik pada saat bekerja.

Bambang meminta Polri melakukan investigasi dan mengusut tuntas dugaan kasus penyiksaan ABK Indonesia di kapal Tiongkok tersebut.

Dia mendorong Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dapat mengajukan tuntutan apabila terbukti adanya tindakan kekerasan terhadap ABK WNI di kapal ikan tersebut.

"Saya mendorong kepolisian segera memanggil agen yang menyalurkan ABK asal Indonesia tersebut," kata Bambang, Senin (8/6).

Dia mengatakan, di samping tidak sesuai dengan perjanjian kerja, juga telah melakukan dugaan tindak pidana penipuan, di mana dijanjikan kepada ABK tersebut akan mendapatkan upah Rp 25 juta hingga Rp 40 juta per bulan dan untuk bekerja di pabrik tekstil dan baja di Korea.

"Perbuatan agen penyalur tersebut juga berindikasi terhadap penyaluran ABK secara ilegal. Oleh karena itu agen tersebut harus mempertanggungjawabkan perbuatannya," ungkap politikus Partai Golkar yang karib disapa Bamsoet itu.

Dia juga mendorong pemerintah lebih meningkatkan pengawasan dan selektif dalam memberikan izin warga negara Indonesia (WNI) untuk bekerja di luar negeri.

Bamsoet meminta pemerintah melakukan langkah serius agar agen-agen yang tidak bertanggung jawab tak lagi dapat menjalankan usahanya di Indonesia.

Setelah mengapung selama tujuh jam di Selat Malaka, 2 ABK asal Indonesia yang bekerja di kapal Tiongkok itu ketemu nelayan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   MPR RI  Abk  Bamsoet 
BERITA LAINNYA
X Close