Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

2 Pesawat Garuda Indonesia Hampir Bertabrakan di Bandara Soetta, Dirjen Hubud Lakukan Investigasi

Sabtu, 14 Desember 2019 – 04:20 WIB
2 Pesawat Garuda Indonesia Hampir Bertabrakan di Bandara Soetta, Dirjen Hubud Lakukan Investigasi - JPNN.COM
Pesawat Garuda Indonesia. Foto : Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Dua pesawat milik maskapai Garuda Indonesia berhadapan (head on) pada satu taxiway di Bandar Udara Soekarno-Hatta pada Kamis (12/12) lalu.

Terkait kejadian itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan investigasi lebih lanjut.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara (Dirjen Hubud), Polana Pramesti, menegaskan insiden salah taxi Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno Hatta akan ditindaklanjuti.

"Kami akan memanggil pilot dan petugas ATC yang bertugas," kata Polana.

Sebelumnya, insiden salah taxi di Bandara Soekarno Hatta dialami oleh dua pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-649 registrasi PK-GMH dan GA-264 registrasi PK-GRR, pada 12 Desember 2019 pukul 10.26 WIB.

Berdasarkan laporan yang diterima, kronologi sementara, GA-649 landing pada Runway RWY07L dan diarahkan oleh petugas ATC untuk masuk ke NC4 dan NP1, kemudian holdshort pada NC3, namun kemudian pilot masuk ke NP2.

Pada saat yang bersamaan, pesawat Garuda Indonesia GA-264 telah berada di Taxiway NP2, sehingga menyebabkan kedua pesawat tersebut berada pada kondisi berhadapan (head on).

Beruntung, operasional penerbangan di Bandar Udara Soekarno Hatta tidak terganggu pascainsiden Taxiway Incursion (head On).

Insiden salah taxi di Bandara Soekarno Hatta dialami oleh dua pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-649 registrasi PK-GMH dan GA-264 registrasi PK-GRR, pada 12 Desember 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close