Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Kronologi 2 Pesawat Garuda Indonesia Yang Hampir Bertabrakan di Bandara Soekarno Hatta

Jumat, 13 Desember 2019 – 21:03 WIB
Begini Kronologi 2 Pesawat Garuda Indonesia Yang Hampir Bertabrakan di Bandara Soekarno Hatta - JPNN.COM
Pesawat Garuda. Ilustrasi Foto: Soetomo Samsu/JPNN.com

jpnn.com, TANGERANG - Dua pesawat milik maskapai Garuda Indonesia berhadapan (head on) pada satu taxiway di Bandar Udara Soekarno-Hatta pada Kamis (12/12) kemarin.

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno Hatta, Herson menjelaskan berdasarkan laporan yang diterima, kejadian bermula saat GA-649 landing pada Runway RWY07L dan diarahkan oleh petugas ATC untuk masuk ke NC4 dan NP1.

Kemudian holdshort pada NC3, namun kemudian pilot masuk ke NP2.

Pada saat yang bersamaan, pesawat Garuda Indonesia GA-264 telah berada di Taxiway NP2, sehingga menyebabkan kedua pesawat tersebut berada pada kondisi berhadapan (head on).

Terkait kejadian itu, Herson memastikan bahwa operasional penerbangan di Bandar Udara Soekarno Hatta tidak terganggu pascainsiden Taxiway Incursion (head On).

“Dapat dipastikan, operasional penerbangan, pascainsiden salah taxi atau head on pesawat Garuda Indonesia, tidak terganggu. Saat ini, kami sedang meminta data dan melakukan investigasi lanjut,” tutur Herson.

Pada kejadian tersebut, pesawat terbang GA-649 dilakukan towing keluar dari taxiway hingga operasional bandar udara berjalan normal.

"Tidak terjadi kerusakan apapun pada kedua pesawat dan seluruh penumpang selamat," jelasnya.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara meminta kepada maskapai Garuda Indonesia untuk melakukan investigasi atas insiden tersebut dan segera dilaporkan kepada Kemenhub.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close