Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

2 Tahun Sekolah Lapangan di Manggarai Timur Membawa Perubahan

Jumat, 26 November 2021 – 11:23 WIB
2 Tahun Sekolah Lapangan di Manggarai Timur Membawa Perubahan - JPNN.COM
Kegiatan SL-IPDMIP di Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, MANGGARAI TIMUR - Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) pada tahun 2018 menetapkan Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagai salah satu kabupaten yang melaksanakan kegiatan SL-IPDMIP (Sekolah Lapangan-Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai Timur Yohanes Sentis merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Kementerian Pertanian dalam hal ini BPPSDMP.

Menurutnya, penetapan Manggarai Timur sebagai salah satu kabupaten pelaksana kegiatan SL-IPDMIP ini di tahun 2018 membawa perubahan yang amat signifikan terhadap pembangunan pertanian di daerahnya.

"Tentunya sangat terasa dampaknya. Petani kami ter-upgrade," jelas dia melalui keterangan tertulisnya, Jumat (26/11).

Adapun program SL-IPDMIP sendiri mulai dilaksanakan pada tahun 2019 dengan menyasar 7 daerah irigasi yang menyebar di 6 kecamatan. Yakni Kecamatan Kota Komba, Borong, Kecamtan Rana Mese, Kecamatan Elar, Elar Selatan, dan Kecamatan Sambi Rampas.

"Pada tahun 2020 kegiatan SL ini bertambah 3 Daerah Irigasi (DI) yang baru tertambah 7 Daerah Irigasi tahun sebelumnya. Ketiga daerah irigasi yang baru pada tahun 2020 menyebar di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Borong, Rana Mese, dan Kecamatan Elar Selatan," ungkap dia.

"Jadi keseluruhan kegiatan untuk tahun 2020 berjumlah 10 Daerah Irigasi. Kegiatan SL ini terus berjalan pada tahun 2021 dengan total Daerah Irigasi 17 DI yang tersebar di 10 kecamata," papar dia.

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan SL ini, Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian Servasius Ledo menuturkan sangat bangga dan puas karena dengan kegiatan ini dapat meningkatkan sumber daya petani itu sendiri.

BPPSDMP pada 2018 menetapkan Kabupaten Manggarai Timur, NTT, sebagai salah satu kabupaten yang melaksanakan kegiatan sekolah lapangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close