Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

2 Tujuan Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Ziarah ke Makam Daeng Celak dan Daeng Marewa

Minggu, 18 Oktober 2020 – 07:30 WIB
2 Tujuan Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Ziarah ke Makam Daeng Celak dan Daeng Marewa - JPNN.COM
Pjs Gubernur Kepri Bahtiar dan rombongan ziarah di Makam Daeng Celak dan Daeng Marewa di Sei Carang, Senggarang, Tanjungpinang, Sabtu. Foto: ANTARA/HO

jpnn.com, TANJUNGPINANG - Pjs Gubernur Kepri (Kepulauan Riau) Bahtiar melakukan ziarah ke Makam Daeng Celak dan Daeng Marewa di Sei Carang, Kota Tanjungpinang, Sabtu (17/10).

Dua tujuan Bahtiar melakukan kegiatan ziarah. Pertama, sebagai bentuk sikap sopan santun, hormat dan rasa terima kasih atas jasa-jasa para raja terdahulu.

Kedua, untuk membangkitkan industry pariwisata, khususnya wisata religi.

Bahtiar mengatakan, makam-makam raja yang ada di daerah tersebut berpotensi besar menjadi tujuan wisata religi baik tingkat nasional maupun internasional, asal dikelola lebih maksimal lagi.

Menurutnya, para raja ini sebenarnya bukan hanya tokoh nasional, melainkan juga Internasional karena Kerajaaan Melayu dahulunya menguasai hingga tiga negara saat ini yaitu dari Indonesia, Malaysia, Singapura, bahkan hingga ke Brunei Darussalam.

"Potensi sejarah ini yang harus kita maksimalkan dan jelaskan pada turis-turis dari negara tersebut, bahwa sebenarnya leluhur mereka sebenarnya berasal dari sini,” ujar Bahtiar.

Untuk mengubah wajah Kepri menjadi wisata religi kelas internasional, kata Bahtiar, banyak yang harus dilakukan, baik oleh Pemprov Kepri maupun Pemkot Tanjung Pinang maupun dengan kabupaten/kota lain yang masih memiliki jejak peninggalan Kerajaan Melayu terdahulu, seperti yang terdapat di Pulau Penyengat, Kota Tanjung Pinang, dan Pulau Daik, Kabupaten Lingga.

“Kita (Pemprov Kepri, red) harus perbaiki akses jalan agar lebih baik. Makam juga harus dipugar kembali, kalau bisa di sekitar makam dibuat pelataran dan pendopo yang luas agar para penziarah yang datang bisa nyaman. Lebih baik lagi sediakan tempat salat wisman, dan bahkan tempat menginap sementara mereka. Intinya buat para penziarah nyaman,” jelasnya.

Ingin membangkitkan wisata religi, Pjs Gubernur Kepri Bahtiar ziarah ke Makam Daeng Celak dan Daeng Marewa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close