Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

2011, Provinsi Buton Raya Ditargetkan Terwujud

Rabu, 12 Mei 2010 – 00:14 WIB
2011, Provinsi Buton Raya Ditargetkan Terwujud - JPNN.COM
JAKARTA - Ketua Percepatan Pemekaran Provinsi Buton Raya (FP3BR), La Ode Djeni Hasmar menargetkan Provinsi Buton Raya bisa terbentuk pada 2011. Target itu didasarkan pada dukungan yang diberikan Pemerintah Provinsi dan DPRD Sultra yang akan memberikan rekomendasi pembentukan daerah otonom baru di bagian kepaluan Sultra.

"Saya memperkirakan Provinsi Buton Raya sudah terwujud tahun depan, semua persyaratan yang diamanatkan peraturan perundang-undangan sudah terpenuhi, tinggal menunggu persetujuan  dari DPRD dan pemerintah Kabupaten Muna,” kata Djeni di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (11/5) ketika hendak berkonsultasi pada Ketua Komisi II Chairuman Harahap.

Kalaupun ada satu kabupaten yang menolak bergabung dengan Provinbsi Buton Raya, yaitu Kabupaten Muna, Djeni tetap optimis karena masih ada Buton Tengah dan Buton Selatan yang pemekaraannya juga diproses. "Tapi kita yakin Muna bersedia masuk dan memberikan rekomendasi. Apalagi tokoh-tokohnya sudah menyatakan mau bergabung. Kami tidak ingin seperti kasus pemekaran di Kepuluan Riau. Meskipun Pulau Natuna menolak tapi tetap saja masuk wilayah Provinsi Kepri," katanya.

Saat ini, baru empat kabupaten yang menyatakan kesiapannya menjadi wilayah Buton Raya, yakni Kabupaten Buton, Wakatobi, Buton Utara, dan Kota Baubau. Sementara Kabupaten Muna diharapkan menggenapi lima kabupaten sehingga memenuhi syarat pembentukan provinsi sebagaimana yang disyaratkan  Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 Tahun 2007 tentang Tata Cara Pembentukan, Penghapusan, dan Penggabungan Daerah.

JAKARTA - Ketua Percepatan Pemekaran Provinsi Buton Raya (FP3BR), La Ode Djeni Hasmar menargetkan Provinsi Buton Raya bisa terbentuk pada 2011. Target

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close