Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

2021, Ekspor Paraffin Wax Kembali Bergerak

Selasa, 13 April 2021 – 21:18 WIB
2021, Ekspor Paraffin Wax Kembali Bergerak - JPNN.COM
Ekspor paraffin wax kini mulai bergerak. Foto: dok. PT Kirana Mitraabadi (KMA)

jpnn.com, JAKARTA - PT Kirana Mitraabadi (KMA), perusahaan yang memproduksi paraffin wax di Indonesia, merasakan langsung dampak pandemi Covid-19.

Aktivitas ekspor mereka cukup terganggu padahal penjualan ke luar negeri dianggap sangat strategis karena merupakan satu elemen hilirisasi penting bagi produk pertamina.

"Ekspor kami sempat terhenti," papar Edo Lesmana, Direktur Utama PT Kirana MItraabadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/4).

Produk olahan KMA yang diekspor menjadi wujud pertambahan nilai bagi produk Pertamina. Dengan hadangan Covid, terhambat pula aliran ekspor bernilai tambah dari Indonesia.

"Permintaan dari beberapa negara tak bisa kami penuhi karena persoalan regulasi pad amasa pandemi di negara yang bersangkutan, ketersediaan pengiriman, serta biaya kirim yang tinggi," sambung Edo.

Untungnya sejak awal 2021, alur ekspor mulai bergerak kembali. Segala rintangan, termasuk biaya pengiriman, mulai mendekati titik normal.

Beberapa industri dari beberapa negara langsung mengirimkan pesanan. Banyak industri domestik pun tak beda.

Edo mengatakan, paraffin wax biasanya diimpor dari Tiongkok. Industri-industri lilin, sampai ban, batik, balsem, hingga pemberantas hama dan kosmetika di Indonesia selama ini mengimpor paraffin wax dari Negeri Tirai Bambu.

Sempat terhambat karena pandemi Covid-19, ekspor paraffin wax kini kembali bergerak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close