Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

2034, PIS Targetkan Kontribusi Bisnis Hijau Menjadi 34 Persen

Jumat, 30 Agustus 2024 – 03:19 WIB
2034, PIS Targetkan Kontribusi Bisnis Hijau Menjadi 34 Persen - JPNN.COM
PT Pertamina International Shipping (PIS). Foto dok Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Business Planning PT Pertamina International Shipping (PIS) Eka Suhendra mengungkap target jangka panjang dan strategi PIS untuk meraih nol emisi pada 2050.

Salah satunya adalah dengan mengakselerasi inisiatif dekarbonisasi agar mencapai target pengurangan karbon emisi hingga nihil pada 2050 dan meningkatkan kontribusi bisnis hijau menjadi 34% pada 2034.

Eka memaparkan target pengurangan karbon emisi dari PIS, sudah selaras dengan strategi jangka panjang dari organisasi International Maritime Organization (IMO).

Dengan komitmen ini, PIS tidak hanya mendukung inisiatif global untuk melawan perubahan iklim, tetapi juga meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya operasional terkait emisi.

“Pertamina dan PIS memiliki komitmen dalam peningkatan sustainability dan green economy dalam operasionalnya sebagai bagian dari transformasi hijau bersama. Strategi kami untuk mencapai realisasi target jangka panjang tersebut adalah melalui pengurangan emisi sebesar 32% pada 2030 yang merupakan langkah awal untuk mencapai Net Zero Emission pada 2050, sesuai target dari IMO,” ujar Eka.

Dalam mendukung realisasi target jangka panjang tersebut, Eka menyatakan PIS telah melakukan sejumlah inovasi khusus untuk mengurangi produksi emisi karbon dalam seluruh lini bisnisnya.

Salah satunya melalui pengembangan teknologi Energy Saving Devices dan pengembangan desain kapal yang ramah lingkungan.

“Pertamina sendiri punya 10 fokus sustainabilitas operasi yang terbagi dalam tiga komponen utama yakni Environmental, Social, dan Governance. Untuk contohnya sendiri terkait perlindungan keanekaragaman hayati PIS telah melakukan investasi pemasangan ballast water treatment di armada kapal PIS untuk meminimalisir kerusakan ekosistem laut di sekitar kapal,” ucap Eka.

Target pengurangan karbon emisi dari PIS, sudah selaras dengan strategi jangka panjang dari organisasi International Maritime Organization (IMO).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA