Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

22 Kategori Penghargaan Siap Dibagikan di FFI 2024

Sabtu, 19 Oktober 2024 – 19:29 WIB
22 Kategori Penghargaan Siap Dibagikan di FFI 2024 - JPNN.COM
Daftar nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2024 akhirnya diumumkan oleh Komite FFI 2024 dari Museum Vredeberg, Yogyakarta pada Kamis (18/10). Foto: Dok. FFI/Poplicist

jpnn.com, JAKARTA - Daftar nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2024 akhirnya diumumkan oleh Komite FFI 2024 dari Museum Vredeberg, Yogyakarta pada Kamis (18/10).

Pembacaan nominasi 22 kategori penghargaan Piala Citra FFI dan Karya Kritik Film dilakukan secara bergantian oleh Duta FFI 2024, yaitu Dian Sastrowardoyo, Kamila Andini, Lutesha, dan Bryan Domani, Ketua Komite FFI 2024-2026 Ario Bayu, serta penampilan khusus dari Bernadya.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Hilmar Farid, mengatakan bahwa penyelenggaraan FFI yang berada di bawah Kemendikbudristek merupakan salah satu upaya dalam pemajuan kebudayaan nasional, khususnya di sektor perfilman.

“Sejak 2021 kita secara konsisten menyelenggarakan festival-festival Indonesia sebagai upaya dalam memajukan ekosistem perfilman nasional. Ini adalah hasil dari kolaborasi yang patut kita lanjutkan," ungkap Hilmar.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, mengucapkan selamat kepada para insan perfilman yang masuk dalam nominasi FFI 2024.

Dia juga menambahkan bahwa salah satu kekuatan ekosistem perfilman Indonesia karena beragamnya film yang dihasilkan oleh sineas-sineas lokal.

"Kini film-film Indonesia makin beragam dan menjadi salah satu faktor capaian membanggakan ekosistem perfilman Indonesia beberapa tahun ke belakang. Dan saya optimis melalui gelaran FFI ini akan semakin menguatkan perfilman nasional,” jelas Mahendra.

Daftar nominasi untuk kategori Film Cerita Panjang merupakan hasil seleksi dan penjurian yang dilakukan oleh Akademi Citra FFI 2024.

Daftar nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2024 akhirnya diumumkan oleh Komite FFI 2024 dari Museum Vredeberg, Yogyakarta pada Kamis (18/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA