Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Cara Hidup Sehat Bagi Penderita Autoimun

Jumat, 22 November 2019 – 09:01 WIB
3 Cara Hidup Sehat Bagi Penderita Autoimun - JPNN.COM
Ilustrasi. Seorang wanita sedang menghirup udara segar. Foto Women Healthy

jpnn.com - Mengalami penyakit autoimun seperti Ashanty bukanlah akhir dari segalanya. Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, jika Anda juga mengalami penyakit tersebut, ada tiga cara mudah yang bisa dilakukan agar kondisi tubuh tak makin parah.

Hidup sehat meski mengalami penyakit autoimun

1. Lakukan diet sehat 

Apabila Anda menderita penyakit autoimun seperti lupus, psoriasis, radang usus (IBD) atau reumatoid artritis (RA), diet autoimmune protocol (AIP) bisa menjadi pilihan. 

Makanan yang boleh dikonsumsi pada saat Anda menjalankan diet AIP, antara lain: daging dan ikan (yang berasal dari alam), ubi manis, susu kelapa, alpukat, biji zaitun, minyak kelapa, madu, teh hijau dan cuka apel. Memilih makanan organik juga dirasa lebih baik untuk penderita autoimun.

Jika Anda ingin mengonsumsi sayuran, hindari yang berasal dari famili nightshades atau solanaceae, seperti tomat, terong, paprika, maupun kentang. Sayuran jenis tersebut dapat memperburuk kondisi penyakit autoimun. 

2. Rajin berolahraga

Olahraga mengurangi kelelahan atau nyeri berkepanjangan, juga menurunkan stres dan kecemasan, meningkatkan energi serta memperbaiki mood. Tapi, olahraga tak boleh dilakukan berlebihan supaya tak membuat tubuh stres yang justru bisa memicu kemunculan gejala yang lebih berat. 

Jika Anda juga mengalami penyakit autoimun, ada tiga cara mudah yang bisa dilakukan agar kondisi tubuh tak makin parah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close