Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penjelasan Dokter Soal Pria yang Kulitnya Bersisik Setelah Minum Kolagen, Ternyata Ini Sebabnya

Selasa, 15 Agustus 2023 – 16:24 WIB
Penjelasan Dokter Soal Pria yang Kulitnya Bersisik Setelah Minum Kolagen, Ternyata Ini Sebabnya - JPNN.COM
Penjelasan Dokter Soal Pria Bersisik Setelah Minum Kolagen, Ternyata Ini Sebabnya. Foto: tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Munculnya seorang pemuda asal Bombana, Sulawesi Tenggara, yang mengaku kulitnya bersisik setelah minum kolagen pemutih merek Sheeby, sempat mengehebohkan jagat maya pada Juli lalu.

Namun, setelah pemeriksaan tim medis, kondisi pemuda itu bukan disebabkan karena mengonsumsi kolagen, melainkan resep antibiotik yang mengandung steroid.

Pakar kesehatan dr. Gandika menjelaskan bahwa pemuda tersebut menderita Steven Johnson Syndrome (SJS) versi berat, yaitu Toxic Epidermal Neucrolysis.

Penyebabnya adalah alergi obat, seperti antibiotik, Nonsteroidal Anti-inflammatory Drugs (NSAID), Antikonvulsan, bahkan paracetamol.

Menurut dia, antibiotik yang mengandung steroid diduga memicu autoium pada tubuh pemuda tersebut, sehingga menimbulkan reaksi kulitnya menjadi kering dan bersisik.

"Hingga saat ini, minuman kolagen masuk dalam golongan makanan dan minuman, bukan obat. Jadi, harus tahu ada alergi atau tidak dan penting juga mengetahui produk itu sudah ada izin BPOM atau belum," kata dr. Gandika, dikutip dari akunnya di TikTok, Selasa (15/8).

Sebelumnya, pemuda berinisial I (19) mengaku mendapatkan produk Sheeby Beauty dari temannya, dan dikonsumsi tidak sesuai takaran, tiga hari sekaligus langsung habis.

Seusai minum kolagen, pemuda tersebut mengalami gatal-gatal dan kulitnya memerah. Dia pun langsung ke Puskesmas dan diberi antibiotik untuk menghilangkan racun.

Penjelasan dokter soal pemuda mengaku kulitnya bersisik karena minum kolagen pemutih, ternyata penyebabnya karena ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close