Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Cara Mencegah Gangguan Pernapasan Akibat Kebakaran Hutan

Kamis, 06 September 2018 – 04:03 WIB
3 Cara Mencegah Gangguan Pernapasan Akibat Kebakaran Hutan - JPNN.COM
Kebakaran hutan jati. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com - Warga yang tinggal di sekitar lokasi gunung diimbau untuk terus waspada dan berhati-hati bila terjadi kebakaran. Ini karena kabut asap tebal akibat kebakaran bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan pernapasan.

Gangguan pernapasan karena asap kebakaran, termasuk kebakaran hutan di kawasan Gunung Bromo, bisa dicegah dengan cara yang sederhana. Beberapa cara yang bisa Anda terapkan, di antaranya:

1. Batasi aktivitas di luar ruangan 

Jika tidak terlalu penting, lebih baik batasi beraktivitas di luar ruangan dan tetaplah berada di dalam ruangan yang tertutup. Sebaiknya Anda keluar jika keadaan sudah mendesak. 

2. Selalu gunakan masker

Menurut dr. Fiona, masker adalah 'senjata utama' ketika daerah tempat Anda terpapar kabut asap. Untuk menurunkan risiko gangguan pernapasan, gunakanlah masker dengan indikator N95, N97 atau N99.

3. Saring udara yang masuk ke rumah

Bila memungkinkan, gunakan filter atau penyaring udara di dalam rumah. Tutuplah pintu dan jendela rumah Anda selama kabut asap masih terlihat secara kasat mata.

Gangguan pernapasan karena asap kebakaran, termasuk kebakaran hutan di kawasan Gunung Bromo, bisa dicegah dengan cara yang sederhana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close