Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Dengan Cara Alami

Rabu, 11 Desember 2019 – 05:06 WIB
3 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Dengan Cara Alami - JPNN.COM
Radang tenggorokan. Foto: Ilustrasi/kalerkantho

jpnn.com - Selain istirahat dan banyak minum, ada cara alami lainnya yang bisa Anda lakukan untuk meredakan radang tenggorokan:

1. Berkumur dengan air garam

Ambil setengah gelas air hangat lalu campurkan dengan setengah sendok makan garam. Berkumurlah dengan air garam ini beberapa kali dalam sehari.

"Garam yang ada di larutan tersebut berfungsi menarik air sehingga kotoran maupun kuman yang ada di tenggorokan akan tersapu oleh air tersebut," ujar dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

"Larutan garam yang hangat ini juga berfungsi mengencerkan dahak dan akan mengeluarkannya bersamaan dengan kotoran yang menempel tersebut. Salah satu penelitian bahkan membuktikan bahwa berkumur dengan air garam secara rutin mampu mencegah radang tenggorokan di kemudian hari," sambungnya.

2. Minum air hangat yang dicampur madu

Air hangat yang dicampur madu juga efektif membantu meredakan radang tenggorokan. Berdasarkan penelitian, madu terbukti efektif untuk meredakan proses peradangan dan membantu menekan batuk, terutama yang terjadi di malam hari. Pastikan madu yang dipakai adalah madu asli, bukan yang pakai pemanis buatan.

3. Hindari bahan-bahan iritan

Radang tenggorokan memang sangat mengganggu. Oleh karena itu, segera atasi dengan tepat berdasarkan penyebabnya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close