Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Pakar Sebut Kondisi Penegakan Hukum Masih Memprihatinkan

Selasa, 08 Agustus 2023 – 19:45 WIB
3 Pakar Sebut Kondisi Penegakan Hukum Masih Memprihatinkan - JPNN.COM
Tiga pakar masing-masing Ari Junaedi, Umi Rozah dan Rahmat Bowo Suharto menilai kondisi penegakan hukum di tanah air masih memprihatinkan, begini alasan mereka. Foto: Ist.

jpnn.com - SEMARANG - Pengajar program pascasarjana di berbagai perguruan tinggi Ari Junaedi menyebut kondisi penegakan hukum di tanah air masih memprihatinkan.

Pandangan Ari senada dengan dua pakar hukum yakni pengajar Hukum Pidana Universitas Diponegero Umi Rozah dan pengajar Hukum Administrasi Negara Universitas Islam Sultan Agung Rahmat Bowo Suharto.

Menurut Ari, Mahkamah Agung seharusnya steril dan imun dari pihak-pihak yang berperkara.

Pasalnya, MA merupakan benteng terakhir keadilan bermuara.

Namun, kenyataannya berbagai kasus rasuah yang diungkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) justru melibatkan staf, panitera, hakim agung bahkan sekretaris MA.

"Seharusnya MA menjaga marwahnya sebagai benteng terakhir keadilan dengan menjaga jarak dengan semua pihak yang berperkara, sekalipun dengan Satuan Tugas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI)."

"Mengingat, Satgas BLBI adalah juga pihak yang berperkara, tidak seharusnya MA menghadiri pertemuan sekalipun dikemas dengan nama focus group discussion (FGD) yang diadakan beberapa waktu lalu di Bandung, Jawa Barat,” ujar Ari pada acara diskusi hukum yang digelar di Semarang, Selasa (8/8).

Diskusi mengangkat tema 'Menggugat Konsistensi Penegakkan Hukum di Indonesia', digelar oleh Forum Wartawan Hukum Semarang.

Tiga pakar menilai kondisi penegakan hukum di tanah air masih memprihatinkan, begini alasan mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close