Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakar: Evaluasi Penerapan Teknologi Berbasis AI di Lampu Merah

Minggu, 09 Juli 2023 – 19:01 WIB
Pakar: Evaluasi Penerapan Teknologi Berbasis AI di Lampu Merah - JPNN.COM
Ilustari: Kemacetan di Jakarta. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah pakar transportasi meminta pemerintah DKI Jakarta mengevaluasi efektivitas penerapan sistem transpotasi cerdas (Intelligent transport system) di lampu merah berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang terpasang di 20 titik rawan kemacetan di Jakarta.

Section Head of Monitoring and Evaluation Intelligent Transportation System Association of Indonesia (ITS Indonesia), Dr Ilham Malik mengatakan sistem tersebut perlu dikaji ulang karena tingkat derajat kejenuhan disimpang-simpang tersebut masih tinggi terutama di jam-jam puncak lalu lintas.

“Sangat perlu dievaluasi sampai sejauh mana pemanfaatan sistem tersebut di 20 simpang yang ada sebelum ditambahkan lagi hingga 40 simpang," ungkap Ilham Malik dalam siaran persnya, Minggu (9/7).

Dia menambahkan setiap implementasi teknologi baru harus teruji secara komprehensif sebelum diputuskan efektif atau tidak implementasi tersebut.

Menurut dia, sistem transportasi dengan penerapan AI ini akan melakukan pengaturan waktu di lampu lalu lintas berdasarkan informasi basis data internal Google dan memperkuat fungsi sistem manajemen lalu lintas.

Sistem itu, kata dia, mampu menghitung secara aktual volume lalu lintas di simpang, sehingga dapat diketahui perbandingan antara kepadatan jalan dan lalu lintas di jalan tersebut.

Mengingat kompleksitas sistem tersebut, muncul permintaan untuk melakukan evaluasi terhadap penerapan Sistem Transpotasi Cerdas di lampu lalu lintas berbasis AI ini dari para anggota DPRD DKI Jakarta.

Hal ini agar masyarakat memperoleh pengetahuan yang lebih jelas mengenai pelaksanaan dan dampak dari penerapan sistem ini.

Sejumlah pakar transportasi meminta pemerintah DKI Jakarta mengevaluasi efektivitas penerapan sistem transpotasi cerdas di lampu lalu lintas berbasis AI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close