Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

34 Persen Penduduk Tak Masuk DPT

Kamis, 04 Juni 2009 – 16:54 WIB
34 Persen Penduduk Tak Masuk DPT - JPNN.COM
JAKARTA – Banyaknya protes warga yang tidak masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu legislatif 9 April lalu diprediksi bakal terulang pada DPT pilpres Juli mendatang. Temuan Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) menyebutkan, setidaknya sebanyak 34 persen penduduk belum terdata di DPT pilpres.

”Berdasarkan percermatan kita terhadap DPT pilpres, ada sekitar 34 persen warga yang belum terdata. Mereka ini tidak terdata karena tidak terfasilitasi dengan baik oleh KPU baik pusat, daerah dan kabupaten/kota. Hal ini sangat kami sesalkan,” ujar Koordinator Nasional JPPR Daniel Zuchron di sela-sela diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Kamis (4/6).

Lebih disesalkan lagi, KPU hanya memberikan imbauan kepada masyarakat yang belum terdata untuk secara pro aktif datang ke KPU kabupaten/kota agar bisa terdata. JPPR yakin, imbauan KPU itu tidak efektif.

Lebih lanjut Daniel mengatakan, kejanggalan DPT pilpres sudah tercium JPPR ketika dari DPT pileg ke DPT pilpres hanya ada penambahan sekitar lima juta pemilih. Penambahan yang tidak signifikan ini belum belum dijelaskan oleh KPU.

JAKARTA – Banyaknya protes warga yang tidak masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu legislatif 9 April lalu diprediksi bakal terulang pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA