Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

35 Negara Ikuti Parade Kapal Perang di Indonesia

Selasa, 29 Maret 2016 – 02:15 WIB
35 Negara Ikuti Parade Kapal Perang di Indonesia - JPNN.COM
Danguspurlaarmabar Laksamana Pertama TNI T.S.N.B. Hutabarat selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Komodo 2016 melepas Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Makassar-590 di Dermaga JICT II Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (28/3). KRI ini mengangkut personel Satgas Komodo 2016. FOTO: DOK.Koarmabar for JPNN.om

jpnn.com - JAKARTA – Sebanyak 35 negara akan mengikuti parade kapal perang Angkatan Laut di di Padang dan Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 12-16 April 2016. Parade kapal perang ini merupakan bagian dari kegiatan International Fleet Review (IFR) atau parade kapal perang, 2th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) dan 15th Western Pacific Naval Symposium (WPNS).

Adapun negara peserta dalam Komodo Exercise 2016 ini adalah Australia, Bangladesh, Brunei Darussalam, Cambodia, Canada, dan Chile. Selain itu, Columbia, China, England, France, India, Indonesia, Japan, Korea Selatan, Kuwait, Laos, Malaysia, Mexico, Myanmar, Netherland, New Zealand, Pakistan, Peru, Philippine, Papua New Guinea, Qatar, Rusia, Singapore, Saudi Arabia, Srilangka, Thailand, USA, Timor Leste dan Vietnam.

Terkait kegiatan internasional tersebut, Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Danguspurlaarmabar) Laksamana Pertama TNI T.S.N.B. Hutabarat selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Komodo 2016 melepas Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Makassar-590 di Dermaga JICT II Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (28/3). KRI ini mengangkut personel Satgas Komodo 2016.

Satuan Tugas tersebut akan melaksanakan latihan multilateral yang puncaknya diselenggarakan tanggal 12-16 April 2016 di Padang dan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Event Komodo 2016 terdiri dari International Fleet Review (IFR) atau parade kapal perang, 2th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) dan 15th Western Pacific Naval Symposium (WPNS) yang rencananya diikuti 35 negara.

Menurut Kepala Dispenarmabar, Letkol Laut (KH) Ariris Miftachurrahman, pergeseran personel sebanyak 4.000 orang dan material serta peralatan pendukung Satgas Komodo 2016 diberangkatkan secara bertahap sejak tanggal 28 Maret 2016 sampai dengan tanggal 8 April 2016 dari Jakarta menuju Padang, Sumatera Barat dengan menggunakan beberapa jenis KRI. Antara lain KRI jenis Bantu Angkut Personel (BAP), Landing Platform Dock (LPD), dan Landing Ship Thank (LST) yang ada di jajaran TNI Angkatan Laut.  

Komodo 2016 terdiri dari tiga  kegiatan besar mengusung beberapa tema antara lain untuk kegiatan International Fleet Review (IFR) yang  lego jangkar di Perairan Teluk Bayur.

Dalam kegiatan IFR ini bertemakan “Brotherhood With All Great Seaman”. Sedangkan untuk para ABK akan melaksanakan kegiatan-kegiatan maritime hospitality terdiri dari city tour, city parade dan melaksanakan olahraga bersama, selaju sampan dan beach soccer serta kegiatan budaya culinary, cultural dinner dan band performance.

JAKARTA – Sebanyak 35 negara akan mengikuti parade kapal perang Angkatan Laut di di Padang dan Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Barat pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close