Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

39 Pelajar Terima Beasiswa Indonesia Maju Kemendikbudristek, Pak Luhut Berpesan

Kamis, 23 Juni 2022 – 21:37 WIB
39 Pelajar Terima Beasiswa Indonesia Maju Kemendikbudristek, Pak Luhut Berpesan - JPNN.COM
Para siswa pemerintah Beasiswa Indonesia Maju angkatan I. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan beasiswa Indonesia maju (BIM) afirmasi angkatan I kepada 39 pelajar terbaik.

Menurut Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti, BIM bertujuan mempersiapkan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan sarjana di luar negeri melalui program-program penguatan akademik dan non akademik, serta konseling perguruan tinggi.

Penerima program BIM selepas menempuh masa studi bisa direkrut untuk memenuhi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul tahun 2045, dan diharapkan bisa berkontribusi bekerja di dalam negeri.

"Apresiasi yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada kalian semua yang sudah bersemangat meniti karier belajar kalian," kata Suharti di Jakarta pada Kamis (23/6).

Pada kesempatan sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan BIM tidak hanya menuntut kecerdasan, tetapi juga karakter kuat. Mulai sikap bijak, berani, mandiri, dan tanggung jawab, serta peduli pada kemanusiaan.

"Tahun 2030, diprediksi ekonomi Indonesia akan berkembang pesat, sehingga melalui kalian semua didapuk untuk menjadi bagian dalam pembangunan ekonomi bangsa,” ujar Menko Luhut.

Terpisah, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek Asep Sukmayadi menyampaikan bahwa BIM merupakan bagian dari manajemen talenta nasional untuk menyiapkan SDM dan berdaya saing.

Selain itu, BIM merupakan program terintegrasi yang terdiri dari program beasiswa bergelar (degree) dan non gelar (non degree).

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan berpesan begini kepada 39 pelajar terbaik penerima beasiswa Indonesia maju (BIM) Kemendikbudristek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News


BERITA LAINNYA